Pelayanan prima bagi ibu dan bayi sudah merupakan amanah dari International Confederation of Midwives (ICM), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), dan badan-badan dunia,
,
seperti WHO, UNFPA, dan organisasi pemerhati kesehatan. Hasil survey kesehatan di Indonesia memperlihatkan (88%), bahwa pelayanan terhadap ibu dan anak di Indonesia sebagian besar dilakukan oleh bidan (SDKI 2012). Sebagai salah satu tenaga kesehatan Bidan berperan dalam upaya mewujudkan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal, khususnya kesejahteraan ibu dan anak sejalan dengan pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs) dalam mewujudkan keluarga sehat dan
berkualitas.
Tentang Kami
Program Studi Diploma IV Kebidanan.
Diperlukan penguatan peran dan fungsi serta kompetensi profesi bidan yang perlu disiapkan,melalui suatu pendidikan formal yang menggunakan kurikulum sesuai dengan standar pendidikan bidan. Kebutuhan tersebut seiring dengan perkembangan globalisasi termasuk kompetensi sehingga UNESCO (1998) merekomendasikan untuk melaksanakan 4 pilar pendidikan, yaitu learning to know dan learning to do bermakna bahwa penguasaan kompetensi lebih utama daripada penguasaan keterampilan (menurut klasifikasi ISCE: Internasional Standard Classification of Education). Sedangkan pilar learning to live together, dan learning to be bermakna bahwa dematerialisasi pekerjaan dan kemampuan berperan untuk menanggapi bangkitnya sector layanan jasa serta bekerja di kegiatan ekonomi informal (menurut klasifikasi ISCE: Internasional Standard Classification of Education).
Berdasarkan 4 pilar tersebut maka akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan 6C, yaitu Communication, Collaboration, Critical thinking, Chitizenship, Creativity, dan Character. Oleh karena itu, kurikulum pendidikan Sarjana Terapan Kebidanan yang disusun oleh Perguruan Tinggi (PT) mengacu pada profil lulusan Profesi Bidan standar kompetensi lulusan (capaian pembelajaran), KKNI level 6 (Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012).
Visi & Misi
Struktur Organisasi
Staff Pengajar
SK Akreditasi
Kompetensi Lulusan
Kurikulum
Visi
Menghasilkan sarjana terapan kebidanan untuk kemaslahatan masyarakat
melalui layanan kebidanan secara komprehensif dan mampu bersaing secara global di
tahun 2020 – 2024.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan melalui kegiatan akademik professional berbasis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjunjung tinggi prinsip moral dan etik.
- Menyelenggarakan kegiatan pendidikan terintegrasi dengan pengabdian masyarakat dan penelitian terapan guna meningkatkan kesehatan ibu dan anak berdasarkan kaidah humaniora.
- Meningkatkan kolaborasi interprofesi, lintas program, dan lintas sektor untuk meningkatkan kompetensi seluruh sivitas akademika dan memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pelayanan kebidanan.
- Mendorong aktivitas penelitian terapan yang memiliki daya ungkit bagi pengembangan mutu pendidikan, pelayanan, dan pengabdian yang bersifat inovatif serta menjunjung tinggi aspek maslahat bagi masyarakat.
STRUKTUR ORGANISASI
Dekan :
Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., SpOG(K)
Wakil Dekan I :
Herry Herman, dr., SpOT., Ph.D
Wakil Dekan II :
Irvan Afriandi, dr., MPH., Dr.PH
Ketua Program Studi D4 Kebidanan :
Dr. A. Yogi Pramatirta, dr., SpOG(K)-KFM., M.Kes.
Gugus Kendali Mutu :
Neneng Martini, S.ST, M.Keb.
Koordinator Tahun :
- Tahun 1 : Ariyati Mandiri, SST, Keb.
- Tahun 2 : Lani Gumilang, ST, MM.
- Tahun 3 : Neneng Martini, ST, M.Keb.
- Tahun 4 : Didah, SST, Keb.
Daftar Pengampu/Pengajar :
- Merry Wijaya, Dra.,M.Kes.
- Sefita Aryuti Nirmala, ST, M.Keb.
- Dini Saraswati Handayani, ST., M.KM.
- Ari Indra Susanti, SST, Keb.
- Dr. Puspa Sari, SST., M.Keb
- Didah, SST, Keb.
- Neneng Martini, ST, M.Keb.
- Astuti Dyah Bestari, ST., M.Keb.
- Fardila Elba, ST., M.Keb.
- Lani Gumilang, ST, MM.
- Ariyati Mandiri, SST, Keb.
- Yusrima Syamsina Wardani, , MKM
- Atriany Nilam Sari, , M.Keb
- Qorinah Estiningtyas Sakilah Adnani, SST, Keb, Ph.D
Tenaga Kependidikan
- Cecep Cahyadi
- Amas Sutardi, Md
- Argie Rizki Maulana
- Dany Kurniawan
- Ihat
- Suherlan
Tenaga Laboran
Wiwin Widaningsih, A.Mk
Akreditasi
Berdasarkan keputusan LAM-PTKes 0087/LAM-PTKes/Akr/Dip/II/2024 menyatakan :
PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN KEBIDANAN Universitas Padjadjaran, Bandung.
Status |
: Terakreditasi |
Nilai |
: 330 |
Peringkat |
: Baik Sekali |
KOMPETENSI LULUSAN
Lulusan Program D4 Kebidanan diharapkan:
Care Provider | : | Menjadi sarjana terapan kebidanan yang mampu berpikir kritis, tanggap sosial, budaya dan mampu memformulasikan penyelesaian masalah kesehatan ibu dan anak secara prosedural dengan memanfaatkan IPTEKS di bawah supervisi. |
Community Leader | : | Menjadi sarjana terapan kebidanan yang mampu melakukan advokasi dan pemberdayaan, menjalin kerjasama lintas profesi dan lintas sektor secara prosedural dengan memanfaatkan IPTEKS dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak dibawah supervisi. |
Communitacor | : | Menjadi sarjana terapan kebidanan yang mampu berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan ibu, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain baik secara lisan maupun tulisan atau melalui media elektronik dengan mengutamakan kepentingan pasien dan keilmuan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak di bawah supervisi. |
Decision Maker | : | Menjadi bidan yang mempunyai kemampuan mengambil keputusan klinik dalam asuhan kebidanan untuk menyelesaikan masalah kesehatan ibu dan anak secara prosedural di bawah supervisi. |
Manager | : | Menjadi sarjana kebidanan yang mempunyai kemampuan melaksanakan manajerial pelayanan kebidanan dalam melakukan tugas secara mandiri dan kolaborasi di bawah supervisi. |
Researcher | : | Menjadi sarjana terapan kebidanan yang memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian terapan baik secara mandiri maupun kelompok yang bertujuan untuk memberikan solusi atas berbagai masalah kesehatan ibu dan anak untuk kemaslahatan masyarakat dengan pendekatan kemandirian belajar sepanjang hayat di bawah supervisi. |
DAFTAR KURIKULUM PROGRAM STUDI D4 KEBIDANAN
TAHUN 2021
STRUKTUR KURIKULUM SARJANA TERAPAN |
|||
No. | Kode MK | Nama Mata Kuliah | SKS |
Semester 1 | |||
1 | Agama | 2 | |
2 | Pancasila | 2 | |
3 | Kewarganegaraan | 2 | |
4 | Bahasa Indonesia | 2 | |
5 | Bahasa Inggris | 2 | |
6 | OKK | 3 | |
7 | Profesionalisme bidan | 3 | |
8 | Literasi Kebidanan | 3 | |
Jumlah SKS Semester 1 | 19 | ||
Semester 2 | |||
9 |
Komunikasi dan Konseling dalam Kebidanan |
3 |
|
10 | Humanitis | 2 | |
11 | Penelitian Terapan 1 | 2 | |
12 |
Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan I |
6 |
|
13 |
Keterampilan Dasar Praktik Kebidanan II |
6 |
|
14 |
Praktik Dasar Keterampilan Kebidanan |
3 |
|
Jumlah SKS Semester 2 | 22 | ||
Semester 3 | |||
15 | Penelitian Terapan 2 | 2 | |
16 | Asuhan Kehamilan (ANC) | 8 |
17 | Asuhan Persalinan (INC) dan BBL | 8 | |
18 | Asuhan Bayi | 5 | |
Jumlah SKS Semester 3 | 23 | ||
Semester 4 | |||
19 | Asuhan Masa Nifas (PNC) | 6 | |
20 | Asuhan Balita | 5 | |
21 |
Asuhan Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana |
7 |
|
Jumlah SKS Semester 4 | 18 | ||
Semester 5 | |||
22 | Praktik Klinik Kebidanan I (PKK I) | 10 | |
23 | Asuhan Kebidanan Patologi | 7 | |
24 | Laporan Tugas Akhir (LTA) | 3 | |
Jumlah SKS Semester 5 | 20 | ||
Semester 6 | |||
25 |
Asuhan kegawatdaruratan ibu dan bayi |
6 |
|
26 | Praktik Klinik Kebidanan II (PKK II) | 10 | |
27 | Service Excellent (Pelayanan Prima) | 5 | |
Jumlah SKS Semester 6 | 21 | ||
Semester 7 | |||
28 | Asuhan kebidanan komunitas | 8 | |
29 | IPE | 2 | |
30 | Menejemen dan Kepeminpinan | 3 | |
31 | Kewirausahaan | 4 | |
32 | Public Speaking | 4 | |
Jumlah SKS Semester 7 | 21 | ||
Total SKS | 144 |
Fasilitas
Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21 Jatinangor Sumedang Gedung C1 Dekanat FK Unpad Lt. 1
Ruang Kuliah
Ruang Dosen
Ruang Laboratorium
Ruang Rapat
Ruang Perpustakaan
Ingin Bergabung bersama Kami?
Hubungi Kami
Sekertariat Program Studi D4 Kebidanan
Jl. Raya Bandung Sumedang KM 21 Jatinangor Sumedang Gedung C1 Dekanat FK Unpad Lt. 1