Akademik

Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Dasar

Program Pascasarjana diyakini sebagai lokomotif Fakultas Kedokteran Unpad yang akan membawa Universitas Padjadjaran menuju research university. Langkah ke arah tersebut segera dilakukan dengan membenahi Program Pascasarjana melalui reorganisasi, pembenahan kurikulum, dan perubahan pendekatan dalam sistem pembelajaran.

Langkah reorganisasi dimulai dengan pengangkatan Prof. Dr. Firman F. Wirakusumah,dr.,SpOG(K) sebagai Ketua Tim Pengelola Pascasarjana FK Unpad pada 1 September 2007. Reorganisasi ini sejalan dengan kebijakan Unpad yang memberlakukan desentralisasi pendidikan pascasarjana ke fakultas. Dengan adanya kebijakan desentralisasi ini sebagian otoritas dan fungsi Pasca Pusat dilimpahkan pada fakultas. Arah pengembangan Pascasarjana mengacu pada visi FK Unpad saat itu, yaitu Squares (Self-Reliance, Quality Education for Research and Society). Implikasi dari visi tersebut adalah pengembangan Pascasarjana FK Unpad yang bertumpu pada penelitian demi kesejahteraan masyarakat.

PS Magister Ilmu Kedokteran Dasar merupakan salah satu Program Pascasarjana di lingkungan Universitas Padjadjaran yang pengelolaannya didelegasikan kepada Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran No. 438/H6.1/Kep/HK/2009 tanggal 18 Februari 2009 tentang Integrasi Pengelolaan Pendidikan  Pascasarjana dari Program Pascasarjana ke Fakultas di Lingkungan Universitas Padjadjaran. Sistem tata kelola yang didelegasikan tersebut dapat menjamin terwujudnya efektivitas peran berbagai pihak terkait dalam pengembangan kebijakan, pengambilan keputusan, dan penyelenggaraan program-program studi pascasarjana di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran. Struktur organisasi dan tata kelolanya telah ditetapkan dengan pemberlakuan  Surat Keputusan Rektor No. 446a/H6.11/PP/2009 tanggal 2 Februari tentang pengangkatan Koordinator Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, maka penyelenggaraan pendidikan Pascasarjana untuk PS Magister Ilmu Kedokteran Dasar dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Umpan Balik
Untuk menjaga kualitas layanan di Prodi Magister Ilmu Kedokteran Dasar, kami senantiasa berupaya menjaring umpan balik dari Mahasiswa, Dosen, Tenaga kependidikan, Lulusan dan Pengguna Lulusan sehingga dapat menjadi salah satu sumber pertimbangan dalam pengembangan Visi dan Misi, Strategi kebijakan, perbaikan kurikulum maupun penraringan dana dan jejaring.
Kami berharap Anda baik selaku Mahasiswa, Dosen, Tenaga kependidikan, Lulusan dan Pengguna Lulusan dapat memberi umpan balik melalui beberapa tombol di bawah ini:

Visi

Menjadi program studi pasacasarjana yang unggul di bidang ilmu kedokteran dasar khususnya infeksi, onkologi dan herbal pada tingkat nasional/regional sehingga dapat menghasilkan Magister Profesional dan berdaya saing tinggi baik dalam pengembangan ilmu teknologi kedokteran maupun terapannya.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister dalam bidang Ilmu Kedokteran Dasar yang berbasis kompetensi untuk meningkatkan peran riset dasar dalam memecahkan masalah kesehatan.
  2. Meningkatkan kemampuan riset dan/atau pengembangan bidang Kedokteran untuk mempercepat penerapan yang  dikembangkan dari teori dasar ke terapan.
  3. Mengaitkan pendidikan Magister Ilmu Kedokteran Dasar dengan perolehan HKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) untuk menunjang pelayanan kesehatan.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang  berkualitas dan aplikasi konsep-konsep ilmu kedokteran dasar khususnya dalam pemecahan permasalahan kesehatan.

Tujuan

Tujuan utama Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Dasar:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dalam bidang kedokteran dasar dengan cara menguasai dan memahami teori-teori yang mutakhir, pendekatan, metode dan kaidah-kaidah ilmiah disertai penerapannya.
  2. Menghasilkan lulusan dan dosen yang mampu memecahkan permasalahan di bidang ilmu kedokteran dasar melalui kegiatan penelitian dan pengembangan berdasarkan kaidah ilmiah.
  3. Menghasilkan lulusan dan dosen yang mampu  melandasi dan memacu penemuan (invensi) bidang kedokteran agar dapat dikembangkan menjadi pelayanan berkualitas bagi masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kemampuan penelitian dan pengembangan, sehingga dapat meningkatkan perolehan HKI di Universitas Padjadjaran.
  5. Menyelenggarakan kerjasama kualitas pendidikan dan penelitian dengan mitra- mitra yang strategis.
  6. Menghasilkan publikasi di tingkat nasional dan internasional.

No.

Nama Staf Pengajar

Mengajar MK

1

 

 

 

Andri Rezano, dr., M.Kes., Ph.D.

 

 

 

Teknik Lab Modern Pada Penelitian Biomedik

Biologi Sel

Onkologi

Journal Reading

2

 

 

Astrid Feinisa Khairani, dr., M.Kes., Ph.D.

 

 

Teknik Lab Modern Pada Penelitian Biomedik

Penulisan Artikel Ilmiah Riset Biomedik

Biologi Sel

 3

 

 

Nur Atik , dr, M.Kes., Ph.D.

 

 

Teknik Lab Modern Pada Penelitian Biomedik

Biologi Sel

Penulisan Artikel Ilmiah Riset Biomedik

4

 

 

Fathul Huda, dr., Ph.D

 

 

Teknik Lab Modern Pada Penelitian Biomedik

Penulisan Artikel Ilmiah Riset Biomedik

Biologi Sel

5

Dr. Achadiyani, dr., M.Kes

Biologi Sel

6

 

 

Yunia Sribudiani, M.Sc., Ph.D

 

 

Biologi Sel

Biokimia Medik

Penulisan Artikel Ilmiah Riset Biomedik

7

Dr. Vita M.T.L, dr., SpOG., M.Kes., AIFO., SH.

Fisiologi

8

Prof. Dr.Ambrosius Purba, dr., MS., AIFO.

Fisiologi

9

Ronny, dr., M.Kes., AIFO., Ph.D

Fisiologi

10

 

Hanna, dr., M.Kes., Ph.D

 

Fisiologi

Penulisan Artikel Ilmiah Riset Biomedik

11

Dr. Leonardo Lubis, dr., M.Kes.

Fisiologi

12

 

Mas Rizki Anggun S., dr., M.Kes., Ph.D

 

Biokimia Medik

Penulisan Artikel Ilmiah Riset Biomedik

13

Edhyana K. Sahiratmadja,  dr., Ph.D.

Biokimia Medik

14

Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr., Sp.F.,M.Si., DFM.

Biokimia Medik

15

Prof. Dr. Diah Dhyanawati, Dra., M.Si.

Biokimia Medik

16

 

 

 

Herry Herman, dr., SpOT., Ph.D

 

 

 

Imunologi

Onkologi

Nutrigenomik dan Epigenetik

Molekuler Imunologi

17

Dr. Meita Dhamayanti, dr., SpA., M.Kes.

Imunologi

18

Dr. rer. nat. Afiat Berbudi, dr., M.Kes

Imunologi

24

 

Marhendra Satria Utama, dr., SpOnk., Rad

 

Imunologi

Onkologi

19

Dr. Oki Suwarsa, dr., SpKK., M.Kes

Imunologi

20

Dr. med. Muhamad Hasan Bashari, dr., M.Kes

Onkologi

21

Dr. Gaga Irawan Nugraha, dr., SpGK., M.Gizi

Aspek Molekul dan Fisiologi dari Gizi Manusia

22

 

Dr. Dewi Marhaeni Diah Herawati

 

Metode Riset Gizi dan Penelitian Nutrisi

Ilmu Bahan Makanan

23

 

Dr. Sunarjati Sudigdoadi, dr., SpMK(K)., MS

 

Mikrobiologi Kedokteran Dasar

Bakteriologi Khusus

24

Prof. Dr. Ridad Agoes, dr., SpPark., DAPE

Protozoa

25

Prof. Dr. Mieke Herawati, drg., M.Kes

Mikrobiologi Molekuler

Standar Kompetensi

Secara umum, lulusan program magister Ilmu Kedokteran Dasar diharapkan:

  1. Mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran dasar dengan cara menguasai dan memahami teori-teori mutakhir dan mengaplikasikannya dalam riset sehingga menciptakan karya inovatif dan teruji
  2. Mampu memecahkan masalah bidang ilmu kedokteran dasar melalui kegiatan penelitian baik inter- dan multidisipliner
  3. Mampu mengembangkan hasil penelitian menjadi pelayanan berkualitas
  4. Mampu mengelola riset secara mandiri atau berkelompok sehingga meningkatkan perolehan hak atas kekayaan intelektual

Secara khusus, kompetensi lulusan program magister Ilmu Kedokteran Dasar dapat dibagi berdasarkan ranah berikut ini :

1. Area Kompetensi: Landasan ilmiah dalam kegiatan penelitian

  1. Merumuskan pendekatan-pendekatan ilmiah bagi penyelesaian berbagai masalah penelitian melalui penerapan ilmu-ilmu kedokteran dasar yang relevan dan mutakhir.
  2. Mengembangkan konsep baru di dalam bidang ilmu atau profesi melalui penelitian biologi molekular.
  3. Menerapkan metodologi atau kaidah ilmiah kedokteran dasar dalam penyelesaian masalah penelitian kedokteran.
  4. Memahami konsep-konsep dan teori ilmu kedokteran dasar yang relevan dan mutakhir secara inter- dan multidisiplin dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Kedokteran.
  5. Mengelola, memimpin dan mengintegrasikan teori-teori ilmu kedokteran dasar ke ilmu kedokteran klinik
  6. Mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu kedokteran dasar yang menghasilkan luaran publikasi nasional atau internasional

2. Area Kompetensi: Komunikasi ilmiah yang efektif

Kompetensi inti:
Menyampaikan gagasan ilmiah dan melakukan pertukaran informasi ilmiah untuk pengembangan ilmu dan teknologi Kedokteran Dasar.

Lulusan Magister mampu :

  1. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian Ilmu Kedokteran Dasar untuk masyarakat ilmiah baik secara tertulis maupun lisan
  2. Menjalin kolaborasi dan kemitraan dengan peneliti dari institusi pendidikan atau laboratorium riset nasional dari berbagai disiplin ilmu untuk pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran dasar di tingkat nasional

3. Area Kompetensi: Pengelolaan informasi

Kompetensi inti:
Mengakses, mengelola dan menilai secara kritis informasi untuk pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran dasar.

Lulusan Magister mampu :

  1. Melakukan penelusuran pustaka yang mutakhir dan relevan dengan ilmu kedokteran dasar termasuk biologi molekular
  2. Mengkritisi kesahihan dan mampu menerapkan informasi untuk kegiatan penelitian khususnya dan pengembangan ilmu kedokteran dasar dan teknologi kedokteran pada umumnya

Beban studi program magister bagi peserta sekurang-kurangnya 36 SKS dan sebanyak-banyaknya 50 SKS yang dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 4 (empat) semester dan selama-lamanya 10 (sepuluh) semester termasuk penyusunan tesis, setelah program sarjana, atau yang sederajat (Kepmendiknas No. 232/U/2000).

Pendidikan Program Studi (Prodi) Magister (S-2) di lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad) diselenggarakan atas dasar Sistem Kredit Semester yang diukur dengan Satuan Kredit Semester (sks). Pertimbangan beban studi didasarkan atas:

  1. Permenristekdikti No. 44/2015 mengenai Standar Nasional (SN) Pendidikan Tinggi Beban studi bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) atau sebidang paling lama 4 (empat) tahun akademik dengan beban belajar mahasiswa paling sedikit 36 (tiga puluh enam) sks
  2. Surat Edaran Kemenristekdikti No. 444/B/SE/2016 mengenai Implementasi SN Dikti mengenai kewajiban publikasi mahasiswa program magister wajib menerbitkan makalah (karya ilmiah penelitian) di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (minimal Q4) hal ini ditujukan untuk mengomunikasikan hasil penelitian kepada masyarakat luas untuk menjadi dasar penelitian lanjutan di masa depan, meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi pada skala nasional dan internasional.
  3. Peraturan Rektor Unpad No. 50/2016 mengenai pedoman pendidikan magister di lingkungan Universitas Padjadjaran tanggal 30 Desember 2016
    1. Beban studi kumulatif pendidikan magister 36-46 sks dengan masa studi terjadwal 4-5 semester.
    2. Memiliki 1 (satu) artikel ilmiah yang telah dipublikasikan sesuai persyaratan kelulusan.

Struktur Kurikulum PS Magister Ilmu Kedokteran Dasar dilakukan dalam empat semester dengan beban studi 45 SKS, yang meliputi :

Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) : 8  SKS (Semester I)
Mata Kuliah Wajib Konsentrasi (MKWK) : 11 SKS (Semester I)
Mata Kuliah Konsentrasi dan Pilihan : 13 SKS (Semester II)
Seminar Usulan Penelitian : 2 SKS
Publikasi Ilmiah : 5 SKS
Tesis : 6 SKS

Di bawah ini ditampilkan secara lengkap mata kuliah yang diberikan sebagai kurikulum terstruktur pada  PS Magister Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran Unpad.
Mata kuliah yang diberikan sebagai kurikulum terstruktur pada  PS Magister Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran Unpad adalah pada Semester 1 perkuliahan sebagai berikut: 

Semester Pertama (MKDU dan MKWK) : 19 SKS

No

Sandi

Nama Mata Kuliah

SKS

 

MKDU (Dikelola oleh Koordinator Pascasarjana)

1

UNC.20.20101

Biologi Molekuler

1

2

UNC.20.20102

Filsafat Ilmu (Etika Penelitian)

1

3

UNC.20.20103

Konsep Umum Penyakit

1

4

UNC.20.20104

Metode Penelitian

1

5

UNC.20.20105

Biostatistik

2

6

UNC.20.20106

Epidemiologi Kedokteran

1

7

UNC.20.20107

Tata Cara Penulisan Artikel

1

 

MKWK

8

C20A.2.001

Teknik Laboratorium pada Biomedika

2

9

C20A.2.002

Biologi Sel

2

10

C20A.2.003

Fisiologi

2

11

C20A.2.004

Biokimia Medik

2

12

C20A.2.005

Imunologi

1

13

C20A.2.006

Onkologi

1

14

C20A.2.007

Penulisan Artikel Ilmiah Riset Biomedik

1

Semester Dua (MKK) : 8 SKS

No

Konsentrasi

Nama Mata Kuliah

SKS

I

Biologi Sel

Morfogenesis Organ Tubuh

2

 

Biologi Sel

Mikrostruktur Organ Tubuh

2

 

Biologi Sel

Imunobiologi

2

 

Biologi Sel

Biologi Reproduksi

2

II

Biokimia Kesehatan

Proses Pengendalian dan Koordinasi Metabolisme

2

 

Biokimia Kesehatan

Ekspresi Gen dan Aplikasi Klinis

2

 

Biokimia Kesehatan

Patogenesis Molekuler

2

 

Biokimia Kesehatan

Imunokimia

2

III

Faal

Fungsi Tubuh pada Berbagai Aktivitas Fisik

2

 

Faal

Fisiologi Latihan Molekuler

2

 

Faal

Faal Olahraga dan Evaluasi Fungsional

2

 

Faal

Gizi Olah Raga dan Doping

2

IV

Mikrobiologi dan Parasitologi

Mikrobiologi Kedokteran Dasar

2

 

Mikrobiologi dan Parasitologi

Protozoa Patogen

2

 

Mikrobiologi dan Parasitologi

Mikrobiologi Molekuler

2

 

Mikrobiologi dan Parasitologi

Bakteriologi Khusus

2

V

Patobiologi

Patobiologi Umum

3

 

Patobiologi

Histopatologi

2

 

Patobiologi

Sitopatologi dan Imunopatologi Dasar

2

VI

Ilmu Gizi Medik

Ilmu Bahan Makanan dan Teknologi

2

 

Ilmu Gizi Medik

Aspek Molekul dan Fisiologi Gizi Manusia

2

 

Ilmu Gizi Medik

Metode Riset Gizi dan Penilaian Status Gizi

2

 

Ilmu Gizi Medik

Nutrigenomik dan Epigenetik

2

VII

Biologi Oral

Forensic Science

2

 

Biologi Oral

Forensik Odontologi

2

 

Biologi Oral

Radiologi Kedokteran Gigi Forensik

2

 

Biologi Oral

Antropologi Kedokteran Gigi

2

VIII

Farmakologi

Farmakokinetika

2

 

Farmakologi

Farmakodinamika

2

 

Farmakologi

Metode Riset Farmakologi

2

 

Farmakologi

Obat Tradisional

2

IX

Anatomi

Diseksi Anatomi

3

 

Anatomi

Preservasi Pengelolaan Laboratorium Anatomi

2

 

Anatomi

Anatomi Muskuloskletal

2

 

Anatomi

Neuroanatomi

2

 

 

TOTAL

72

Penelitian Dosen Magister IKD

No. Nama Dosen Agenda Penelitian Judul Penelitian Keterlibatan dengan Jaringan Penelitian*
(1) (2) (3) (4) (5)
1 M. Nurhalim Shahib Sedang berjalan Pengkajian, Pengembangan dan penerapan Ekspresi Gen Ascl2 dan miRNA di darah perifer Sebagai Biomarker Transformasi Dini dan Pengaruh Pemberian Herbal Terhadap Proses Keganasan ALG 1-1-6
2 Dewi Marhaeni Diah Herawati 2017 Pemanfaatn PMT-P Biskuit ikan sidat dan ubi cilembu dalam meningkatkan status gizi balita gizi kurang usia 3-5 tahun di Kab Sumedang HIU-RKDU
    2017 Efektifitas PMT-P berbahan dasar ikan sidat untuk meningkatkan status gizi ibu hamil KEK dan anemia di kawasan Geopark Ciliteuh Kab Sukabumi HIU-RKDU
    2017 Pengaruh Diet Ketogenik Terhadap Perjalanan Penyakit Diabetes Mellitus dan Modulasi  Fisiologis Normal HIU-RKDU
    2017 Produk MP-ASI ikan sidat dan ubi cilembu untuk bayi uisa 6-<12 bulan CPPBT-Kementerian Riset dan Teknologi
    2017 Efikasi Pemberian Kombinasi Tablet Tambah Darah dan Suplemen Tepung Ikan Sidat Terhadap Kadar Hemoglobin Pada Mahasiswi Yang Menderita Anemia di Diploma Kebidanan Stikes Karsa Husada Kabupaten Garut Mandiri
3 Herry Herman Sedang berjalan Deteksi Mutasi Gen WILMS' Tumour 1 pada Pasien Hipospadia Sidromik dan Hipospadia Non-Sindromik

Hibah Internal FK UNPAD Gelombang I

4 Ronny Lesmana Sedang berjalan Model Strategi Pencegahan Penyakit Katastropik Melalui Aktivitas Fisik Untuk Jaminan Kesehatan Nasional Yang Efektif dan Efisien ALG 1-1-6

5

Andri Rezano

Sedang berjalan

(2017)

Analisis Polimorfisme dan Mutasi Somatik Gen AR dan Gen SPOP pada Jaringan Kanker Prostat serta Korelasi Genotip-Fenotip

Riset Fundamental Unpad (RFU)

 

 

 

Sedang berjalan

(2017)

Potensi Ekstrak Kayu Secang Caesalpina sappan sebagai Obat Antikanker Payudara

Riset Kompetensi Dosen Unpad (RKDU)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sedang berjalan

2015-2018

Penanganan Awal Terintegrasi Untuk Menurunkan Morbiditas Dan Mortalitas Pada Pasien Dengan Politrauma: Basic Science To Clinical Practice

ALG 1-1-6

Sedang berjalan

Penangan Terintegrasi Diabetes Mellitus dengan Komplikasi Gangguan Pembuluh Darah secara menyeluruh: From Bench to Bedside

ALG 1-1-6

Sedang berjalan

Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan Ekspresi Gen Ascl2 dan miRNA di Darah Perifer Sebagai Biomarker Molekuler Kanker Jaringan Lunak yang Berasal dari Epithelial-mesenchymal Transition

ALG 1-1-6

Sedang berjalan 2015-2017

Tuberculous Meningitis Inflammatory Response Related to Disease Severity and Patient Survival

PKS LN (Kerjasama Luar Negeri)

6

Muhammad Hasan Bashari

Sedang berjalan

(2017)

Sponge Laut sebagai Anti Tumor pada Sel Triple Negative Kanker Payudara

Riset Fundamental Unpad (RFU)

 

 

Sedang berjalan

(2017)

Potensi Ekstrak Kayu Secang Caesalpina sappan sebagai Obat Antikanker Payudara

Riset Kompetensi Dosen Unpad (RKDU)

7

Astrid Feinisa Khairani

Sedang berjalan (2017)

Potensi Peran Soyghurt sebagai Terapi Adjuvant pada Ibu Preeklamsia Melalui Efek Immunosupresi

Riset Fundamental Unpad (RFU)

 

 

 

Sedang berjalan

Penangan Terintegrasi Diabetes Mellitus dengan Komplikasi Gangguan Pembuluh Darah: From

Bench to Bedside

ALG 1-1-6

 

 

Sedang berjalan

Penanganan Awal Terintegrasi Untuk Menurunkan Morbiditas dan Mortalitas Pada Pasien Dengan Poli Trauma: Basic Science To Clinical Practice

ALG 1-1-6

 

 

 

Bloomberg Road Safety Program 2015-2017

Johns Hopkins

University

8

Nur Atik

Sedang berjalan

(2017)

Efek Ekstrak Jambu Biji terhadap Jumlah Trombosit Megakariosit dan Mekanisme Molekuler pada Model Mencit Trombositopenia

Riset Fundamental Unpad (RFU)

 

 

 

Sedang berjalan

(2017)

Efek Ekstrak Kunyit (curcuma longa) Terhadap Pelepasan Sitokin Pro Dan Anti-Inflamasi Kultur Limfosit Pasien Dermatitis Atopik

Riset Fundamental Unpad (RFU)

 

    Sedang berjalan (2017) RHE Harapan Ibu (Reconstructed Human Epidermis Hasil Riset dan Pengembangan Indonesia BPOM-UNPAD) Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
    Sedang berjalan Penangan Terintegrasi Diabetes Mellitus dengan Komplikasi Gangguan Pembuluh Darah: From Bench to Bedside ALG 1-1-6
    Sedang berjalan Penanganan Awal Terintegrasi Untuk Menurunkan Morbiditas dan Mortalitas Pada Pasien Dengan Poli Trauma: Basic Science To Clinical Practice ALG 1-1-6
    Sedang berjalan Pemanfaatan Dan Penyimpanan Limbah Operasi Sedot Lemak (Lipoaspirates) Sebagai Sumber Potensial Sel Punca Mesenkimal Dalam Penggunaannya Untuk Orthopedic Surgery Dan Skin Aging ALG 1-1-6
9 Afiat Berbudi

Sedang berjalan

(2017)
Pengembangan Pemanfaatan Ekstrak Curcuma longa L. Untuk Terapi Luka Akut dan Kronis Melalui Uji Penutupan Luka Eksisi Kulit Mencit dan Penilaian Polarisasi Makrofag M2 Scara In Vitro

Riset Fundamental Unpad (RFU)

   

Sedang berjalan

(2017)
SEED (StEm cEll paDjadjaran)-Project: Pengembangan dan Aplikasi Mesenchymal Stem Cell Sebagai Metode Penyembuhan Penyakit pada Model Hewan

Riset Kompetensi Dosen Unpad (RKDU)

   

Sedang berjalan

(2017)

Pengaruh Ekstrak Biji Pala Terhadap Morfometri Cerebri, Kadar TNF α dan Ekspresi Protein NFKB padaTikus Wistar Riset Fundamental Unpad (RFU)

Riset Fundamental Unpad (RFU)

10 Leonardo Lubis Sedang berjalan Model Strategi Pencegahan Penyakit Katastropik Melalui Aktivitas Fisik Untuk Jaminan Kesehatan Nasional Yang Efektif dan Efisien ALG 1-1-6
      Hubungan berbagai indikator antropometri dengan tekanan darah

Hibah Internal FK UNPAD

Gelombang I
11 Fathul Huda

Sedang berjalan

(2015-2018)
Model Strategi Pencegahan Penyakit Katastropik Melalui Aktivitas Fisik Untuk Jaminan Kesehatan Nasional Yang Efektif dan Efisien ALG 1-1-6
   

Sedang berjalan

(2015-2018)

Gambaran Antropometri, Pola

Aktivitas Fisik, Pola Diet, dan

Profil Lipid pada Dosen dan Tenaga Kependidikan UNPAD Tahun 2015 Sebagai Deteksi Sindrom Metabolik
ALG 1-1-6
   

Sedang berjalan

(2015-2018)
Tingkat kebahagiaan dosen dan tenaga kependidikan Unpad, kondisi kesehatan jiwa dan tingkat spiritualitas ALG 1-1-6
    Sedang berjalan (2017) Sponge Laut sebagai Anti Tumor pada Sel Triple Negative Kanker Payudara Riset Fundamental Unpad (RFU)
   

Sedang berjalan

(2017)
SEED (StEm cEll paDjadjaran) – Project: Pengembangan dan Aplikasi Mesenchymal Stem Cell Sebagai Metode Penyembuhan Penyakit pada Model Hewan Riset Kompetensi Dosen Unpad (RKDU)

Publikasi Mahasiswa

  1. Duizer, L. M., Diana, A., Rathomi, H. S., Luftimas, D. E., Rahmannia, S., Santi, W., Nugraha, G. I., Haszard, J. J., Gibson, R. S. and Houghton, L. A. (2017), An Acceptability Trial of Desiccated Beef Liver and Meat Powder as Potential Fortifiers of Complementary Diets of Young Children in Indonesia. Journal of Food Science, 82: 2206–2212. doi:10.1111/1750-3841.13807
  2. Diana A, Mallard SR, Haszard JJ, Purnamasari DM, Nurulazmi I, et al. (2017) Consumption of fortified infant foods reduces dietary diversity but has a positive effect on subsequent growth in infants from Sumedang district, Indonesia. PLOS ONE 12(4): e0175952. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0175952
  3. Anggraeni N, Syamsunarno M, Triatin RD, Setiawati DA, Rakhimullah AB, Irianti C, et al. (2017), Iron overload intolerance in Balb/c mice.  Advances in Biomolecular Medicine: CRC Press/Balkema; p. 1-4.
  4. Ninda J, Lubis L, Purba A, Akbar I, Setiawan W, Tarawan V, et al. (2017),  Correlation of physical activity and energy balance with physical fitness among the professors of the University of Padjadjaran.  Advances in Biomolecular Medicine: CRC Press/Balkema; p. 41-6.
  5. Fadhilah, F. R., Sahiratmadja, E. K., Safitri, R., Maskoen, A. M., & Susanto, H. (2015). Analisis Filogenetik Gen L1 Human Papillomavirus 16 pada Penderita Kanker Serviks di Bandung. Majalah Kedokteran Bandung47(3), 174-178
Kembali
© 2018 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.