Fasilitas

Lab Komputer

Profil Lab Komputasi dan Pengolahan Data

Fakultas Kedokteran Unpad memiliki 3 laboratorium komputer yang mana 2 laboratorium berlokasi di gedung C5.2 dan C3.3 Kampus Jatinangor dan 1 laboratorium di Gedung RSP Kampus Eijkman.  Ruang laboratorium komputer di C5.2 memiliki daya tampung 100 orang dengan dukungan 100 perangkat komputer. Sedangkan laboratorium komputer di C3.3 mampu menampung  75 orang dengan kapasitas 60 komputer. Ruang laboratorium komputer di gedung RSP Kampus Eijkman lantai 5 memiliki 20 komputer dengan kapasitas ruangan mampu menampung 30 orang. Laboratorium komputer merupakan infrastruktur FK Unpad sebagai dukungan terhadap kegiatan belajar mengajar untuk program studi Sarjana Kedokteran, Profesi Dokter dan Pascasarjana.

Struktur organisasi:

Kepala Lab Komputasi dan Pengolahan Data: Bony Wiem Lestari, dr.,MSc.

Sekretaris Lab Komputasi dan Pengolahan Data: Tri Mulyani, S.Kom.

Fasilitas:

Laboratorium komputer dilengkapi dengan perangkat keras komputer dan perangkat lunak. Perangkat komputer di Laboratorium Komputer gedung C5.2 dan C3.3 di Kampus Jatinangor dilengkapi dengan perangkat lunak untuk pengolahan data secara statistik (contoh: SPSS, EpiInfo) dan manajemen penulisan referensi. Laboratorium Komputasi dan Pengolahan Data FK Unpad juga memiliki fasilitas aplikasi online berbasis web bernama REDCap yang dapat digunakan untuk pendataan data penelitian.

REDCap adalahaplikasi web yang aman untuk membuat dan mengatur survey dan database berbasis online. Data yang dikumpulkan melalui aplikasi REDCap dapat diunduh kedalam program-program, seperti: Ms Excel, PDF, SPSS, STATA, dan R.

Selain itu, para pengguna REDCap diseluruh dunia telah membentuk konsorsium - yang beranggotakan 1.062 institusi yang tersebar di 81 negara. Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran adalah anggota dari Konsorsium tersebut sejak tanggal 24 Februari 2014, dan saat ini telah memiliki server sendiri dengan spesifikasi prosesor Intel i5, kapasitas harddisk 1 terabyte dan RAM 4 GB. Berikut capture nama FMUP sebagai salah satu anggota konsorsium REDCap yang dapat di akses di laman resmi www.project-redcap.org :

Fasilitas ini tersedia selama 7x24 jam yang dapatdiakses dimanapun dengan koneksi internet. Tercatat hingga 23 Juni 2015, terdapat 79 project yang terdaftar pada REDCap fakultas diluar project dengan status ‘practice’ atau latihan. Dimana dari 79 project tersebut ada 74 project dalam masa development, 5 project dengan status production, 63 project tidak merupakan jenis survey dan 16 project merupakan project survey.

Hingga tanggal 26 Juni 2015, sudah terdapat 3 project dari FMUP, 4 project dari Pusat Studi TB-HIV, 3 project dari Pusat Studi Infeksi Klinik, 1 project dari Pusat Studi Kesehatan dan Kebugaran Komunitas, 3 project dari Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, 4 project dari Departemen Epidemiologi dan Biostatistika, 2 project dari Departemen Ilmu Gizi, 2 project dari Departemen Imunologi, dan 1 project dari Departemen Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.

Grafik Aktivitas REDCap FMUP Selama 6 bulan terakhir:

© 2015 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.