Fasilitas

Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (RSPU)

Klinik pendidikan yang dapat mewadahi berbagai macam kegiatan klinik menjadi salah satu fasilitas penting bagi pendidikan tenaga kesehatan. Rumah Sakit Pendidikan (RSP) merupakan salah satu klinik yang memenuhi fasilitas tersebut, pemerintah telah menjadikan sejumlah rumah sakit yang berada di bawah Kementerian Kesehatan sebagai RSP yang dipergunakan oleh berbagai Fakultas Kedokteran yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Pada tahun 1995, telah dikembangkan Master Plan of Dr. Hasan Sadikin General Hospital yang baru yang didasarkan pada kesepakatan bersama antara Bappenas, Kemenkes (Depkes) dan Rektor Universitas Padjadjaran. Kesepakatan tersebut antara lain berkaitan dengan arah pengembangan RSHS ke depan dalam master plan, yaitu dijadikannya RSHS sebagai model RS Pendidikan di Indonesia dengan filosofi “Integration of Medical Service and Medical Education for the Improvement of Human Life”.

Filosofi integrasi tidak hanya terbatas pada pelayanan medis dan pendidikan kedokteran saja, tetapi dapat digunakan untuk integrasi aspek lainnya,misalnya integrasi manajemen, organisasi, gedung, peralatan, pengelolaan limbah, dsb.   Sebagai rumah sakit pendidikan dan dalam rangka mewujudkan sebagai model RS Pendidikan di Indonesia, RSHS terus berupaya untuk meningkatkan fasilitasnya tidak hanya untuk kepentingan pelayanan, tetapi juga untuk kepentingan pendidikan dan penelitian.

Untuk memperkuat aspek pendidikan dan penelitian di bidang kedokteran yang diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan aspek pelayanan yang belum dimiliki oleh RSHS, maka dikembangkan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran (Rumah Sakit Pendidikan Unpad) dengan biaya yang berasal dari anggaran Kementerian Pendidikan Nasional.

Sesuai dengan kesepakatan bersama antara Bappenas, Kemenkes (Depkes) dan Rektor Universitas Padjadjaran untuk menjadikan RSHS sebagai Model RS Pendidikan di Indonesia (Master Plan RSHS 1995), dengan filosofi integrasi di atas, maka Rumah Sakit Pendidikan Unpad akan menjadi salah satu bagian dari RSHS yang pelayanannya dimaksudkan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan dan penelitian kedokteran dalam bidang infeksi dan onkologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Dengan konsep integrasi tersebut fasilitas utama yang terdapat di Rumah Sakit Pendidikan Unpad adalah fasilitas untuk mendukung pengembangan Iptek kesehatan/ kedokteran yaitu berbagai jenis laboratorium mutakhir, ruang telemedicine, serta ruang-ruang untuk pelatihan, workshop, seminar, dan diskusi, serta dilengkapi dengan berbagai alat yang mutakhir.

Rumah Sakit Pendidikan Unpad – RSHS berdiri berdasarkan Surat Keputusan no.9/H6.1/KEP/OT/2011. Saat ini fakultas yang menggunakan RSP Unpad – RSHS adalah Fakultas Kedokteran (FK) Unpad, Fakultas Ilmu Kelautan (FIK) Unpad, dan Fakultas Farmasi Unpad.

Struktur Organisasi

Direktur               : Prof. Dr. Nanan Sekarwana, dr., Sp.AK., MARS

Wakil Direktur      : Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., Sp.OG(K)                                                                                                                                          

Sekretaris 1         : Irvan Afriandi, dr., Grad.Dipl.OEH., MPH., DR.PH.

Sekretaris 2         : Viramitha K.R., dr. Sp.A., M.Kes.

Jumlah Tenaga    : 28 Orang

Fungsi RSPU

  • RSPU memfasilitasi perkuliahan, tutorial, praktikum, OSCE, dan sidang tesis 8 program studi spesialis dan pasca-sarjana dari 3 Fakultas: FK , FIK, dan Fak Farmasi Unpad
  • Penyelenggaraan fungsi administrasi akademik/perkantoran,
  • Penyelenggaraan berbagai kegiatan Pengembangan Profesional Berkelanjutan (Continuing Professional Development/CPD) dan berbagai kegiatan ilmiah berupa seminar, workshop, pelatihan, dan tele-konferensi,
  • Penyelenggaraan pelatihan yang memerlukan fasilitas dry laboratory dengan menggunakan manekin dan simulator,
  • Layanan perpustakaan, dan
  • Ujian nasional profesi dokter dan dokter spesialis.

9 Laboratorium di RSPU

  • Farmakokinetik
  •  Sitogenetika
  •  Imunologi
  •  Biokimia
  •  Patologi Anatomi
  • Drug Analysis
  •  Kultur Jaringan
  •  Mikrobiologi Biomolekuler
  •  Hewan Coba
  •  Radiologi

Alamat Kontak

Jl. Prof. Eyckman No. 38 Bandung

Telp. 022 2038114/ 022 2038164

© 2017 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.