Riset dan Penelitian

Publikasi dan HKI

Profil Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual

Hasil kegiatan penelitian dapat dituangkan ke dalam bentuk sebuah artikel yang berkualitas. Artikel publikasi khususnya yang dimuat sebagai artikel dalam majalah berkala atau jurnal ilmiah merupakan tolak ukur objektif hasil kegiatan ilmiah seorang ilmuwan. Publikasi ilmiah merupakan bukti komitmen dan intensitas karya atau aktivitas keilmuwan bagi mereka yang berkecimpung dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (UPI HKI) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menjembatani para ilmuwan untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya di jurnal, membuat karyanya dalam penerbitan buku, dan mendaftarkan paten ataupun hasil karya cipta ilmiah dalam bentuk sertifikat HKI.

Berdasarkan Surat Keputusan nomor: 1584/H6.7/Kep/FK/2010, tentang Pengangkatan Pengelola Teknis Unit Continuing Professional Development (CPD) dan Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), maka sejak tanggal 1 September 2012 Unit yang semula dengan nama Unit Publikasi Ilmiah dan Paten menjadi Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual. Unit Publikasi Ilmiah dan HKI ini dipimpin oleh seorang Koordinator.

Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sekarang ini mempunyai 3 (tiga) buah jurnal berkala ilmiah yaitu Majalah Kedokteran Bandung (MKB) dan International Journal of Integrated Health Sciences (IJIHS), dan jurnal profesi yaitu Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP), serta sebuah jurnal elektronik yaitu Althea Medical Journal (AMJ), dan menerima pembuatan Buku Ajar Kedokteran dan Kesehatan, serta menerima pengusulan Hak Kekayaan Intelektual yang meliputi hak cipta dan hak paten.

Mulai tahun 2015 semua jurnal yang ada di Unit Publikasi Ilmiah dan HKI, penulis bisa memasukkan artikelnya secara online melalui website http://aijmejournal.fk.unpad.ac.id.

Empat jurnal berkala ilmiah tersebut berada dalam satu website yang dapat diakses oleh semua pembaca yaitu http://journal.fk.unpad.ac.id. Pedoman penulisan untuk penulis dapat diunduh pada website jurnal masing-masing.  Majalah Kedokteran Bandung terakreditasi B (SK No. 58/DIKTI/Kep/2013) sampai tahun 2018 sedangkan Jurnal Anestesi Perioperatif terakreditasi B (SK No. 1/E/KPT/2015) sampai tahun 2020.

Keempat jurnal tersebut telah terindeks Nasional maupun Internasional, diantaranya Portal Garuda Dikti, Indonesian Publication Index (IPI), Indonesian Scientific Journal Database (ISJD), Google Scholar, Sherpa/Romeo, CrossRef/DOI (Digital Object Identifier), Worldcat, Directory of Research Journal Indexing (DRJI), Directory of Open Access Journal (DOAJ), dan Scopus (dalam proses).

Saat ini Unit Publikasi Ilmiah dan HKI (UPI HKI) juga sudah sudah memiliki 16 buku, baik buku ajar dan buku teks yang sudah terbit dan kini 4 buku sedang dalam proses pengeditan. Unit Publikasi Ilmiah dan HKI sudah mengajukan 40 buah Hak Paten dan Cipta dan sebanyak 27 pengajuan HKI sudah mendapatkankan sertifikat.

SUSUNAN ORGANISASI UNIT PUBLIKASI ILMIAH DAN HKI FKUP/RSHS

Pengelola Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual

Pelindung : Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran
Koordinator : Ahmad Faried, dr., Sp.BS, Ph.D
          Staf Administrasi Unit : Elza Purwita, S.E
          Staf Teknologi Informasi : Devi Fabiola Syahfitri, S.Kom
     
Sub-unit Publikasi Ilmiah    
Jurnal    
          Pemimpin Redaksi MKB : Dr. Henni Djuhaeni, dr., MARS
          Pemimpin Redaksi IJIHS : Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, dr., Sp.A(K), M.Kes
          Pemimpin Redaksi AMJ : Dr. Sri Endah Rahayuningsih, dr., Sp.A(K)
          Pemimpin Redaksi JAP : Dr. Ike Sri Redjeki, dr., Sp.An-KIC, KMN, M.Kes
     
          Staf Administrasi MKB : Widiastuti, S.Ap
          Staf Administrasi IJIHS : Erlan Aditya Ardiansyah, S.S, M.Hum
          Staf Administrasi AMJ : Ati Sulastri, S.Pd
          Staf Administrasi JAP : Risni Sari Dewi
     
Sub-unit Penerbitan Buku    
          Pemimpin Penerbitan Buku : Iwan Abdul Rachman, dr., Sp.An-KNA, M.Kes
          Staf Administrasi Penerbitan Buku : Imas Widianti, S.E
     
Sub-unit Pendaftaran HKI    
          Pemimpin Pendaftaran HKI : Dhany Budipratama, dr., Sp.An-KIC
          Staf Administrasi Pendaftaran HKI : -
     
Konsultan    
          Konsultan Bahasa Indonesia : Prof. Herry Garna, dr., Sp.A(K), Ph.D
          Konsultan Bahasa inggris : Diba Artsiyanti E. Basar, S.S, M.Si
  : Dr. Poppy Siti C. Djen Amar, M.A
     
Konsultan Substansi/Isi Naskah : Rd. Reni Ghrahani, dr., Sp.A(K), M.Kes
  : Irma Ruslina Defi, dr., Sp.KFR, Ph.D
  : Sharon Gondodiputro, dr., MARS, M.H
  : Ardi Zulfariansyah, dr., Sp.An-KIC, M.Kes
  : Nur Melani Sari, dr., Sp.A, M.Kes
  : Ahmad Faried, dr., Sp.BS, Ph.D
  : Herry Herman, dr., Sp.OT, Ph.D
  : Hendra Gunawan, dr., Sp.KK(K), Ph.D
  : Edhyana Sahiratmadja, dr., Ph.D
  : Agung Budi Sutiono, dr., Sp.BS, Ph.D
  : M. Erias Erlangga, dr., Sp.An
  : Radian Ahmad Halimi, dr., Sp.An

Publikasi Ilmiah

Terdiri dari 4 Jurnal Ilmiah yaitu Majalah Kedokteran Bandung (MKB), International Journal of Integrated Health Sciences (IJIHS), Jurnal Anestesi Perioperatif (JAP), serta Althea Medical Journal (AMJ).

  1. Majalah Kedokteran Bandung
  2. International Journal of Integrated Health Sciences (IJIHS)
  3. Althea Medical Journal (AMJ)
  4. Jurnal Anestesi Perioperatif
 
PENERBITAN BUKU AJAR

Jenis Buku yang diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah dan HKI FK Unpad adalah:

  • Buku Ajar
    Buku Ajar adalah buku ilmiah yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Buku ajar materinya berbasis kurikulum, umumnya dikembangkan dari modul atau diktat. Ciri khas buku ajar adalah memuat materi, pelatihan, soal evaluasi, dan rangkuman.
    Contoh: Buku Pemeriksaan Fisik pada Anak
    Pemasaran oleh Fakultas Kedokteran Bandung atau kerja sama dengan CV. Sagung Seto, PT EGC Penerbit Buku Kedokteran, atau penerbit buku kedokteran lainnya
  • Buku Teks
    Buku Teks adalah buku ilmiah yang dikembangkan dari bahan ajar atau bahan penelitian, namun tidak berbasis pada kurikulum. Buku teks umumnya digunakan sebagai buku
    pengayaan dalam proses belajar
    Pemasaran oleh Fakultas Kedokteran Bandung atau kerja sama dengan CV. Sagung Seto, PT EGC Penerbit Buku Kedokteran, atau penerbit buku kedokteran lainnya

 

Penulis dapat mengirimkan naskah ke Sekretariat Penerbitan Buku di Unit Publikasi Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) berupa hardcopy dan softcopy. Naskah yang dikirimkan berupa (cover, daftar isi, isi naskah, dan profil singkat penulis) atau naskah dikirimkan melalui e-mail ke bukuajar.fkunpad@hotmail.com

                                                

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Sekretariat Unit Publikasi Ilmiah dan HKI FK Unpad
Lantai 3 Ruang Unit Publikasi Ilmiah dan HKI
Jalan Prof. Eijkman No 38 Bandung 40161
Telepon (022) 2032170 ext 1401/085103039773 (Widi)
E-mail: bukuajar.fkunpad@hotmail.com

 

Susunan Redaksi

Koordinator
Ahmad Faried

 

Pemimpin Penerbitan Buku Ajar
Iwan Abdul

Editor
Herry Garna

Konsultan Bahasa Inggris
Diba Artsiyanti Putri Basar

Staf Administrasi
Imas Widianti
Devi Fabiola Syahfitri
Risni Sari Dewi
Ati Sulastri
Widiastuti
Erlan Aditya
Elza Purwita

 

PENDAFTARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HKI)

Hak Kekayaan Intelektual adalah hak ekslusif yang timbul dan/atau diberikan oleh Negara kepada seseorang atau sekelompok orang yang menjadi pencipta, inventor, pendesain, perancang, pemangku atau pemulia di bidang karya seni, sastra atau ilmu pengetahuan, invensi-invensi di bidang teknologi yang aplikatif dalam industri,  merek, indikasi geografis atau indikasi asal, rahasia dagang, desain industri, desain tata-letak sirkuit terpadu, dan varietas baru tanaman di lingkungan Universitas Padjadjaran.
Terdiri dari:

1.  HAK CIPTA

Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan, memperbanyak, menerjemahkan, mengadaptasi, mengaransemen, mensingkronisasi, menjual, menyewakan, meminjamkan, mengimpor, mengekspor, dan merekam Ciptaan kepada publik atas Ciptaannya atau memberikan ijin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.  HAK PATEN

Hak Paten adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk melaksanakan invensinya itu.

Lihat Panduan Masing-masing: Standar Operasional Prosedur UPT HKI Unpad dan dapat diperoleh di Ruang Unit Publikasi Ilmiah dan HKI FK Unpad.
Berkas pengajuan Hak Cipta yang sudah memenuhi persyaratan dapat diproses lebih lanjut melalui tahapan sebagai berikut;

  1. Fakultas mengirimkan berkas Hak Cipta tersebut dengan surat pengantar ditujukan ke Pusat Pengelolaan HKI Universitas Padjadjaran.
  2. UPT HKI mendata dan mendokumentasikan permohonan Hak Cipta sejak masuk ke UPT HKI setelah memperoleh persetujuan dari Fakultas melalui surat  pengantar oleh pimpinan Fakultas.
  3. UPT HKI memeriksa pengajuan Hak Cipta dari Fakultas sebelum diajukan ke Direktorat Jenderal Hak kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM R.I.
  4. UPT HKI akan melalukan pemberkasan (kaji ulang) terhadap dokumen Hak Cipta  yang telah diajukan oleh Fakultas. Jika dalam berkas terdapat kekurangan dan atau kesalahan, UPT HKI akan mengembalikan berkas  untuk kemudian dilengkapi dan atau diperbaiki sebagaimana mestinya.
  5. UPT HKI akan  mengajukan pemohon Hak Cipta ke ke Direktorat Jenderal Hak kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM R.I.
  6. UPT HKI menindaklanjuti hasil pengajuan Pendaftaran Hak Cipta yang sudah diajukan ke ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM RI dan kemudian memberitahukan kepada pemohon Hak Cipta.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Sekretariat HKI
Unit Publikasi Ilmiah dan HKI FK Unpad
Lantai 3 Ruang Unit Publikasi Ilmiah dan HKI
Jl. Prof. Eijkman No 38 Bandung 40161
Telepon (022) 2032170 ext. 1401/085103039773
E-mail: publikasiilmiah.hki@gmail.com

 

Susunan Redaksi

Koordinator
Ahmad Faried

Pemimpin Pendaftaran HKI
Dhany Budipratama

© 2017 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.