Akademik

Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat

Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran didirikan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Padjadjaran Nomor : 364/J06.Kep/KP/2001, sejak tanggal 21 April 2006 berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor : 1567/D/T/2006 tentang ijin Penyelenggaraan program-program studi baru pada Universitas Padjadjaran Bandung di tetapkan menjadi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 006/SK/BAN-PT/Ak-XV/M/I/2013, Magister Kesehatan Masyarakat Unpad merupakan Program Studi dengan terakreditasi B.
Hingga Agustus 2016, Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran telah menghasilkan sebanyak 362 lulusan yang meliputi berbagai profesi baik sebagai akademis, praktisi kesehatan, birokrasi kepemerintahan, dan lain sebagainya. Pada tahun 2011 salah seorang alumni, yaitu Gilang Yubiliana telah menghasilkan hak paten atas Karya Tulis danVideo Promosi Kesehatan. Alumni lainnya Endang Sutisna Sulaeman merupakan penulis tunggal dari buku Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan : Teori dan Implementasi (2012), sedangkan Elang Mohamad Atoilah serta Engkus Kusnadi merupakan bagian dari penyusun buku Ilmu Sosial dan Budaya Dasar untuk Kesehatan (2015).
Dalam mengembangkan proses pembelajaran, khususnya dalam penjagaan mutu dan akuntabilitas akademik, Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menjalin kemitraan dengan Asia-Pacific Academic Consortium for Public Health, South-East Asian Public Health Education Institutes Network, Mahidol University Thailand, Gunma University dan Tokyo University Jepang, Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, berbagai rumah sakit serta dinas kesehatan baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.
Saat ini Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dikelola oleh Dr. Deni K. Sunjaya, dr., DESS sebagai Ketua Program Studi dan Dr. Guswan Wiwaha, dr., MM sebagai Sekretaris Program Studi; serta didukung oleh Nuryanti, Noviaty Ningsih, Andi Darmawan sebagai administrasi kependidikan.

VISI

Menjadi penyelenggara Program Studi Pascasarjana bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat yang terkemuka di kawasan Asia dan Pasifik dalam pengembangan inovasi dan teknologi kesehatan masyarakat yang berlandaskan kearifan lokal bangsa Tahun 2021

MISI

  1. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan  inovasi dan teknologi kesehatan masyarakat yang menjunjung nilai-nilai kearifan lokal untuk kemaslahatan masyarakat
  2. Mengembangkan dan menerapkan kurikulum pendidikan pascasarjana kesehatan masyarakat yang menitikberatkan pada pengayaan pengalaman riset dan pengembangan intervensi kesehatan masyarakat
  3. Kapasitasi insan akademik yang berbudi luhur dan berdaya saing global
  4. Memperkuat kemitraan yang stratejik dengan berbagai pamangku kepentingan di tingkat nasional dan kawasan

STRUKTUR KURIKULUM

Beban belajar mahasiswa dinyatakan dalam besaran Satuan Kredit Semester (SKS). Proses pendidikan Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dapat ditempuh selambat-lambatnya 4 (empat) tahun akademik, setelah menyelesaikan program sarjana, atau diploma empat/ sarjana terapan, dengan total beban belajar sebesar 43 SKS.

Muatan Pembelajaran

Semester I

Semester II

Semester III

Matakuliah Wajib Universitas

0 SKS

 

 

Matakuliah Wajib Pascasarjana

8 SKS

 

 

Matakuliah Wajib Program Studi

11 SKS

6 SKS

 

Mata Kuliah Peminatan

 

6 SKS

 

Publikasi Ilmiah

 

5 SKS

 

Seminar Usulan Proposal

 

 

1 SKS

Tesis

 

 

6 SKS

TOTAL

19 SKS

17 SKS

7 SKS

 

PILIHAN PEMINATAN

Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam menyesuaikan ilmu dengan latar belakang pekerjaan/ profesi ataupun jenjang karir yang direncanakan, maka Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menyediakan pilihan peminatan sebagai berikut :

  • Peminatan Administrasi Rumah Sakit
  • Peminatan Ekonomi Kesehatan
  • Peminatan Gizi Masyarakat
  • Peminatan Kesehatan Gigi Masyarakat
  • Peminatan Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja
  • Peminatan Kesehatan Jiwa Masyarakat
  • Peminatan Kesehatan Reproduksi
  • Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan
  • Peminatan Perencanaan Pembangunan Kesehatan
  • Peminatan Promosi Kesehatan

Pilihan peminatan hanya akan dibuka/ diselenggarakan apabila diikuti oleh minimal 3 (tiga) orang mahasiswa.

PERSYARATAN CALON MAHASISWA

Proses penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan secara independen oleh suatu kepanitiaan di tingkat universitas melalui mekanisme Seleksi Mahasiswa Universitas Padjadjaran (SMUP), Informasi lengkap mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran secara lengkap serta hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru dapat diperoleh melalui website: www.smup.unpad.ac.id atau www.pendaftaran.unpad.ac.id.

Selain persyaratan yang telah ditentukan oleh Universitas Padjadjaran, calon mahasiswa yang akan mendaftar pada Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat harus memenuhi persyaratan berikut :

  1. Lulusan Program Studi S1 dalam bidang kesehatan yang terakreditasi BAN PT dan/atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi sertifikat akreditasi pada saat wawancara).
  2. Lulusan Program Studi S1 di luar bidang kesehatan dan Lulusan D4 dalam bidang kesehatan (silahkan hubungi sekretariat program untuk informasi lebih lanjut) yang terakreditasi BAN PT dan/atau Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi sertifikat akreditasi pada saat wawancara) dengan pengalaman kerja pada institusi penyelenggara kesehatan, pelayanan kesehatan, atau pendidikan kesehatan minimal selama 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi tempat calon mahasiswa bekerja.
  3. IPK calon mahasiswa (dibuktikan dengan menyerahkan fotokopi ijazah dan transkrip yang telah dilegalisasi pada saat wawancara) :

    a. lulusan program studi S1 dan lulusan D4 dalam bidang kesehatan, minimum 2,75 dalam skala 4 atau setara

    b. lulusan program studi S1 diluar bidang kesehatan, minimum 3,00 dalam skala 4 atau setara

  4. Untuk calon mahasiswa lulusan D4 dalam bidang kesehatan, disarankan memiliki bukti publikasi karya ilmiah yang diserahkan pada saat wawancara
  5. Memiliki Surat Rekomendasi dari 1 (satu) orang profesor atau lektor kepala dengan gelar minimum doktor sesuai bidang ilmu dari perguruan tinggi asal atau tempat bekerja calon mahasiswa (Surat Rekomendasi diserahkan ketika wawancara).
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya (dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dan Bebas Buta Warna dari Institusi Pelayanan Kesehatan Pemerintah dan diserahkan pada saat wawancara)
  7. Bagi calon mahasiswa yang telah bekerja, harus memiliki Surat Persetujuan/Izin Belajar dari Atasan Langsung (diserahkan pada saat wawancara)

Alamat Kontak

Noviaty Ningsih

Telp./Faks

  :  

(022) 2037998

SMS/Whatsapp

  :  

081910458250

e-mail

  :  

s2ikmfkunpad@gmail.com

© 2017 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.