Akademik

Program Diploma Kebidanan

Pada tahun 2001 Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) membuat suatu rencana jangka panjang bahwa seluruh institusi pendidikan vokasi harus berbentuk Politeknik. Melihat tantangan profesi bidan dan untuk berkontribusi yang lebih aktif dalam penyelesaian permasalahan kesehatan lokal dan global ini pada bulan Mei tahun 2013 FK.Unpad mengadakan pertemuan dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggidan BPPSDM. Hasil dari pertemuan tersebut maka dibutuhkan bidan dengan level kompetensi lebih tinggi dan yang paling tepat pada level pendidikan D4. Berdasarkan pertemuan tersebut FK.Unpad  memutuskan untuk memperkuat Program Studi D4 Kebidanan bukan sebagai Bidan Pendidik tetapi sebagai bidan profesional dan mulai tahun 2013.

Kaprodi

Dr. R. Tina Dewi Judistiani, dr., SpOG

Tujuan Prodi

  1. Tujuan Umum Program Studi Diploma 4 Kebidanan FKUP
    Mewujudkan pendidikan bidan yang berkualitas dan inovatif untuk menghasilkan sumber daya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki pengetahuan dasar ilmiah, keterampilan dalam pelayanan kebidanan, profesionalisme yang tinggi, kemampuan enterpreneur yang berdaya saing tinggi, sehingga mampu menjujung tinggi nilai moral dan dapat mengembangkan kepribadian dan sikap yang diperlukan untuk kelangsungan profesinya seperti integritas, rasa tanggung jawab, dapat dipercaya, serta memiliki kemampuan long life learning.
  2. Tujuan Khusus
    • Mengembangkan diri sebagai bidan profesional yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki jiwa pancasiladan berpartisipasi dalam kebijakan yang diterapkan pemerintah untuk perbaikan sistem kesehatan nasional.
    • Melaksanakan asuhan kebidanan secara profesional pada wanita dalam siklus kehidupannya (remaja, pra perkawinan, ibu hamil, persalinan, nifas, menopause dan masa antara, asuhan neonatus, bayi dan anak balita) di semua tatanan pelayanan kesehatan
    • Melakukan integrasi antara teori dan konsep dengan keadaan klinis sehari-hari sejalan dengan pengalaman pembelajaran, klinis, dan penelitian.
    • Mengembangkan sikap profesional dalam praktik kebidanan, komunikasi interpersonal dan konseling serta menjalin kerjasama dalam tim kesehatan
    • Memberikan dan mengembangkan pelayanan kebidanan dengan mempertimbangkan kultur dan budaya setempat, melakukan upaya promosi dan prevensi kesehatan reproduksi melalui pendidikan kesehatan, pemberdayaan wanita, keluarga serta masyarakat
    • Melakukan advokasi dan pemberdayaan pada masyarakat dalam meningkatkan upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak di lingkungan keluarga, dan kelompok masyarakat.
    • Menggunakankemampuanpenelitiandanpendekatanilimahuntukmembantumengembangkanilmukebidanandenganpendekatanlife-long learning.

Visi dan Misi

  1. VISI Program Studi D4 Kebidanan
    Pada tahun 2015 Program Studi D4 Kebidanan FK UNPAD mengHasilkankeUnggulanpadadayasaingbidanuntukkemaslahatanMasyarakatBerbasiskanpeneLitiandanpEndidikan (HUMBLE).

  2. MISI Program Studi D4 Kebidanan
    • Menyelenggarakan pendidikan yang memiliki kemampuan akademik dan profesional berbasis metode pembelajaran modern berdasarkan moral dan etik yang mendukung peserta didik untuk memperoleh kesempatan pendidikan lanjutan.
    • Menghasilkan lulusan yang terampil dan cakap pada asuhan kebidanan
    • Menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan ilmu asuhan kebidanan pada kemaslahatan masyarakat
    • Menghasilkan lulusan yang dapat melakukan penelitian ilmiah terapan dalam pelayanan kebidanan
    • Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mewujudkan life long learning continuum sehingga setiap peserta didik mengetahui potensi diri dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kebidanan.
    • Meningkatkan komunikasi dan kolaborasi interprofesi, serta melaksanakan pembinaan dan pelatihan civitas akademika agar mampu menghasilkan bidan yang cerdas, dan profesional.
    • Mengembangkan jejaring lintas program dan sektoral untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pelayanan kebidanan.
    • Meningkatkan akuntabilitas melalui kerjasama dengan berbagai program penjaminan mutu pendidikan bidan.
    • Membangun penelitian yang berkolaborasi secara lokal dan nasional untuk meningkatkan kemampuan penelitian maupun penyelenggaraan pendidikan.
    • Mendorong aktivitas penelitian di lingkungan Prodi D4 Kebidanan FK UNPAD yang memiliki daya ungkit bagi pengembangan mutu pendidikan dan pengabdian masyarakat yang memanfaatkan IPTEKS mutakhir.
    • Menghasilkan bidan yang profesional, bermartabat, berbudi luhur dan berjiwa enterpreneurship.
    • Melaksanakan dan meningkatkan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat secara mandiri, profesional, transparan dan akuntabel diiringi integritas yang tinggi dan dilandasi sikap entrepreneurship yang inovatif, selalu memegang teguh etika profesi dan moral kebangsaan yang luhur.

Kompetensi Lulusan

1. Kompetensi Utama Lulusan

  • Care Provider

    Menjadi Bidan yang memiliki kemampuan memberikan asuhan kebidanan secara efektif, efisien, aman dan holistik dengan memperhatikanaspek budaya terhadap wanita dalam daur siklus kehidupannya pada kondisi normal, dapat melakukan deteksi dini pada keadaan patologi, dalam melakukan penanganan awal kasus kegawatdaruratan serta kolaborasi dan rujukan berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi.

  • Community Leader

    Menjadi Bidan yang mempunyai kemampuan untuk dapat menjalin kerjasama dengan profesi lain, baik secara tim maupun lintas sektor serta dapatmemberdayakanmasyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak dengan menggunakan prinsip partnership sesuai dengan kewenangan dan lingkup praktik bidan.

  • Communicator

    Menjadi Bidan yang memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dan efisien baik secara lisan maupun tulisan atau melalui media elektronik dengan mengutamakan kepentingan pasien dan keilmuan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak.

  • Decision Maker

    Menjadi Bidan yang mempunyai kemampuan dalam mengambil keputusan klinik dalam asuhan kebidanan kepada individu, keluarga dan masyarakat dengan menggunakan prinsip partnership.

  • Manager

    Menjadi bidan yang mempunyai kemampuan mengelola pelayanan kebidanan dalam tugas secara mandiri, kolaborasi (team), selain itu memiliki kemampuan dalam melakukan penjaminan mutu dalam layanan kebidanan.

2. Kompetensi Pendukung

Applied Researcher

Menjadi bidan yang memiliki kemampuan dalam melakukan investigasi atau penelitian terapan dalam bidang kesehatan baik secara mandiri maupun kelompok yang bertujuan untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan di bidang kebidanan secara praktis untuk kemaslahatan masyarakat dengan pendekatan life long learning.

Kurikulum

Modul – modul / Struktur Kurikulum Prodi D.IV Kebidanan

Nama Mata Kuliah SKS
Semester I
Introduction of Midwifery Profession (IMP) (4T, 1K)
Humanities I (4T)
Basic Communication Skill (BCS) (1T, 1P)
Basic Sciences for Midwifery Skill 1 (BSMS 1) (5T, 5P)
   
Semester 2
Basic Science for Midwifery Skill 2 (BSMS 2) (6T, 3P, 1K)
Ante Natal Care (ANC) (6T, 4P, 1K)
   
Semester 3
Intra Natal Care (INC) (3T, 3P, 2K)
New Born and Child Care (NBCC) (4T, 4P)
   
Semester 4
Post Natal Care (PNC) (3T, 3P)
Reproduction Health and Family Planing (RHFP) (5T, 4P)
Midwifery Care Practise 1 (MCP 1) (6K)
   
Semester 5
Maternal Neonatal Pathology Care (MNPC) (6T, 3P)
Management Leadership and Enteurpreneurship (MLE) (2T, 2P)
Applied Research (AR) (3T, 3P)
   
Semester 6
The Community Care and Enhancing Midwife as an Educator (CCEF) (5T, 2P, 2K)
Midwifery Care Practise 2 (MCP 2) (6K)
   
Semester 7
Midwifery Care Practise 3 (MCP 3) (8K)
Advanced Clinical Learning* (1T, 1P, 2K)
Internship 1 (8K)
   
Semester 8
Humanities II (3K)
Midwiferry Final Report (MFR) (3K)
Internship 2 (10K)
JUMLAH 149 SKS (58T,  38P, 53K)

Seleksi Masuk dan Pendaftaran

Syarat :

  • Memiliki minat sebagai bidan
  • Tinggi Tubuh min 155 cm
  • Lulusan SMA (IPA)

Seleksi (melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran) :

  • Tes Potensi Akademik
  • Tes kesehatan dan buta warna
  • Tes MMPI
  • Wawancara

Beasiswa

  • Beasiswa Prestasi Akademik dari Unpad
    Ditujukan bagi mahasiswa yang memiliki nilai IPK tertinggi. Beasiswa ini diberikan pada mahasiswa di setiap angkatan. Beasiswa berasal dari Universitas Padjadjaran.
  • Beasiswa Bantuan Mahasiswa dari Unpad
    Ditujukan bagi mahasiswa yang layak untuk dibantu dengan melihat dari segi ekomoni dan keadaan keluarga. Beasiswa berasal dari Universitas Padjadjaran.

Kalender Akademik

Tanggal Bulan Tahun 4 T.A (2011/2012)
11 - 19 Agustus 2014 Masa Bimbingan akademik (Perwalian)
25 - 29 Pembelajaran Klinik Lanjut
1 -   September 2014 UTS
2 - 8 Pembelajaran Klinik Lanjut
9 -   UAS
-   Pembekalan Praktik Lapangan Pembelajarn Klinik Lanjut
10 - 30 Praktik Lapangan Pembelajaran Klinik Lanjut
1 - 8 Oktober 2014
9 - 10 Evaluasi Kompetensi Pembelajarn Klinik Lanjut
- Remedial Pembelajaran Klinik Lanjut
- Pembekalan Internship 1
13 - 31  
1 - 30 November 2014  
1 - 20 Desember 2014  
22 - 24  
25 - 26  
1 - 3 Januari 2015  
2 - 23  
Semester 8 (Semester Genap)
26 - 31 Januari 2015 Her Registrasi
Masa Bimbingan Akademik (Perwalian)
30     Januari 2015 Pembekalan Internship 2
2 - 28 Februari 2015 Internship 2 dan Ujian Akhir Program
1 - 31 Maret 2015
1 - 30 April 2015
1 - 4 Mei 2015
5 - 8 Evaluasi kompetensi Internship 2 dan Remedial Ujian Akhir Program
11 - 15
18 - 31 Seminar Nasional
1 - 30 Juni 2015
1     Juli 2015 Yudisium
6 - 8 Pendaftaran Wisuda
4 - 6 Agustus 2015 Wisuda

 

Mengetahui, Bandung, 25 Juli 2014
Ketua Program Studi D4 Kebidanan Koordinator Tahun 4,

 

© 2015 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.