Pusat Studi

Pusat Studi

Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat merupakan aspek yang penting dan tidak dapat dipisahkan dalam proses pengembangan ilmu dan pendidikan tenaga kesehatan. Proses penelitian diperlukan untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan akses pelayanan kesehatan dengan ilmu dan strategi inovatif.

Pengabdian pada masyarakat akan mendekatkan akademisi pada kebutuhan sebenarnya yang ada di masyarakat. Oleh karena itu pelaksanaan dan pemanfaatan kedua kegiatan ini sangat diperlukan. Dengan pendekatan yang integratif, kegiatan ini akan dapat bermanfaat secara optimal dan efektif.

Berdasarkan SK Dekan FK Unpad no. 510/UN6.C/Kep/KP/2012 tertanggal 3 September 2012, unit yang sebelumnya bernama UPK (Unit Penelitian Kesehatan) dan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dilebur menjadi satu unit, dan saat ini menjadi unit Laboratorium Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) FK Unpad.

Pusat Studi yang terdapat di Fakultas Kedokteran UNPAD diantaranya :

  1. Infeksi klinik,
  2. TB dan HIV,
  3. Onkologi,
  4. Genetika,
  5. Molekuler Herbal Genomik,
  6. Community Health and Wellness,
  7. Imunologi,
  8. Neuromuscular-Neurobehaviour and Special Senses,
  9. Kesehatan reproduksi,
  10. Teknologi Kesehatan,
  11. Sistem Kesehatan,
  12. Dermatomusculoskeletal,
  13. Cardiovascular,
  14. Genitourinary,
  15. Gastrointestinal, dan
  16. Cutting Edge Medicine.

Pusat Studi ini diketuai oleh seorang guru besar. Pusat Studi berperan untuk pengembangan materi Program Studi Pendidikan Kedokteran terkait lingkup Pusat Studinya, juga pengembangan penelitian serta pengembangan kerja sama dan proposal untuk hibah. Seluruh staf FKUP terdistribusi pada berbagai pusat studi tersebut sesuai kepakaran, minat dan topik penelitiannya.

Ketua Pusat Studi juga bertindak sebagai Koordinator Sistem yang dijalankan dalam proses pendidikan tutorial program studi Pendidikan Dokter Tahap Akademik.

url : http://pusdi.fk.unpad.ac.id/

© 2017 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.