Seputar Fakultas

PUSAT STUDI TB-HIV FK UNPAD Selenggarakan Pelatihan PROGRAM PPM (Public-Private Mix)

Berperan aktif dan turut serta mensukseskan program pemerintah dalam rangka menanggulangi penyakit TB (Tuberkulosis) khususnya di Kota Bandung, Pusat Studi TB-HIV Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Pelatihan Program PPM (Public-Private Mix) berbasis web dan android bagi 28 orang Dokter Praktik Swasta (DPS) yang berpraktek di wilayah Puskesmas Griya Antapani, Arcamanik dan Babakan Sari Bandung.

Acara digelar di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad Jl. Prof Eijkman No. 38 Bandung pada hari Jum’at 4 September 2015. Selain para dokter, hadir pula pada acara tersebut Dr. Yorisa Sativa, MKes selaku Kasie P2PL mewakili Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Aplikasi yang dibuat oleh Pusat Studi TB-HIV FK Unpad dengan dukungan Telkom University ini bertujuan untuk memudahkan pencatatan dan pelaporan kasus TB bagi para Dokter Praktek Swasta di Kota Bandung. Pilot project untuk ketiga wilayah di atas diharapkan dapat berjalan baik sehingga aplikasi tersebut dapat disosialisasikan dan diaplikasikan lebih luas untuk wilayah Bandung lainnya.

Acara dibuka oleh Dr. Nita Arisanti, MSc-FM dari Pusat Studi TB-HIVFK Unpad, dilanjutkan oleh Dr. Yoriza Sativa pemateri dari Dinkes Kota Bandung memaparkan “Sekilas tentang Program PPM TB di Kota Bandung dan “Evaluasi Capaian Program PPM tahun 2014 : Lesson learnt from the field” , sedangkan “Standar Tata Cara Pencatatan dan Pelaporan TB” diberikan oleh Rini Riani, SKM.

Materi penting lainnya tentang “Algoritma diagnosis dan penatalaksanaan TB” disampaikan oleh Dr. Arto Yuwono Soeroto, SpPD-KP dari RSUP Dr. Hasan Sadikin, sementara “Aplikasi PPM berbasis web dan android untuk pencatatan dan pelaporan TB bagi para DPS” diberikan oleh Bony Wiem Lestari, dr., M.Sc, peneliti dan dosen dari Departemen Epidemiologi & Biostatistik FK Unpad beserta Kurniawan Nur, ST dari Telkom University.

Bagi Pusat Studi TB-HIV FK Unpad, kegiatan ini merupakan suatu bentuk panggilan tanggungjawab akademis dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan sosialisasi PPM berikut aplikasi ini diharapkan dapat berkelanjutan dan sukses digunakan sehingga dapat menjadijembatan semua pihak terkait dalam penanggulangan masalah kesehatan khususnya TB di kota Bandung.

 

Share this Post:
Kembali
© 2019 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.