Seputar Fakultas

FK UNPAD ikut meriahkan UNPAD SEHAT UNTUK BANDUNG JUARA

BEM FK UNPAD bersama Program Studi Patologi Klinik dan Orthopaedi dan Traumatologi turut serta meriahkan salah satu rangkaian acara Dies Unpad ke-58  di Taman Alun-Alun kota Bandung hari Minggu 30 Agustus 2015.

Kolaborasi Universitas Padjajaran dengan  Bandung Creative City Forum (BCCF) dan Pemerintah Kota Bandung ini menggelar event bertajuk "UNPAD SEHAT UNTUK BANDUNG JUARA" yang dipersembahkan untuk warga Bandung dan sekitarnya.

Bagi mahasiswa FK UNPAD ini merupakan aksi nyata pengabdian kepada masyarakat dengan cara memberikan edukasi, penyuluhan serta pelayanan konsultasi kesehatan.

Para mahasiswa kedokteran  terbagi ke dalam beberapa kelompok secara aktif mendatangi para pengunjung taman, dari anak-anak sampai orang tua, memberikan edukasi/penyuluhan cara cuci tangan yang benar serta pola hidup bersih sehat (PHBS). Kelompok lainnya antusias menjaring pengunjung yang ingin berkonsultasi dan mendapatkan pelayanan kesehatan, dengan cara membagikan kupon pendaftaran  secara random, hal ini dilakukan agar acara  berjalan dengan tertib, teratur dan tidak membludak, mengingat keterbatasan tempat dan waktu yang tersedia.

Peserta PPDS I Program Studi Patologi Klinik memberikan konsultasi dan pelayanan cek gula darah sedangkan dari Orthopaedi dan Traumatologi untuk konsultasi dan edukasi perihal keluhan pada sistem muskuloskeletal atau anggota gerak tubuh.

Aksi ini kali pertama diadakan untuk kegiatan Dies UNPAD, melihat antusiasme peserta dan sambutan masyarakat, ada harapan di masa mendatang dapat kembali dilaksanakan acara-acara serupa lainnya, terutama dari  FK UNPAD.

Harapan tersebut diutarakan oleh beberapa pengunjung  yang saat itu datang ke Mesjid Agung Raya Bandung untuk mengikuti pengajian. Ketika mengetahui ada acara seperti ini, mereka langsung memanfaatkan kesempatan tersebut. “Hal-hal sederhana untuk hidup sehat dan bermanfaat untuk diterapkan sehari-hari berkaitan dengan aktifitas saya sebagai seorang ibu rumah tangga, saya dapatkan dari acara ini, mudah-mudahan tidak sekali ini saja” demikian Ibu Ipah dari Cangkring Majalaya berkomentar mewakili teman-temannya.

Reva, Putri, Dino dan Iska mahasiswa angkatan tahun 2012 yang memberikan penyuluhan tentang cuci tangan dan PHBS juga mengakui interaktif langsung dengan masyarakat sangat bagus dan menyenangkan.

Dr. Paul Jonathan, peserta PPDS I Orthopaedi dan Traumatologi berkomentar “Acara yang bagus, kami bisa berbaur dan mengenalkan tentang orthopaedi langsung dengan masyarakat. Kegiatan ini sebagai sumbangsih untuk masyarakat dan berharap ke depan dapat mempersiapkan materi atau bentuk pelayanan lainnya khususnya tentang orthopaedi ke masyarakat”.

Sedangkan Ketua BEM FK UNPAD, Irvan Fauzi Rakhman berkomentar "Untuk persiapan yang hanya 2 minggu, acara tadi keren. Saya salut sama panitianya, bisa sangat solid, koordinasinya baik, dan saling pengertian.  Keren pisan lah  menurut saya mah."

Harapan pengunjung dan peserta mahasiswa sendiri senada dengan Rektor UNPAD Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr.  ketika menyambangi stand FK UNPAD yang didampingi Dekan FK UNPAD Arief S. Kartasasmita,dr., SpM(K)., MM.M.Kes., PhD,. serta Ketua Dies Natalies UNPAD Prof. Ramdan Panigoro, menyatakan  akan selalu siap mendukung dan menunggu  ajuan aksi-aksi kreatif berikutnya, tidak terbatas untuk pelayanan, edukasi maupun promosi preventif kesehatan yang bermanfaat bagi masyarakat saja, tetapi ajang serupa yang dapat dipakai untuk kegiatan penelitian.

Share this Post:
Kembali
© 2019 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.