Seputar Fakultas

Program Kurikulum Terintergasi FK UNPAD 2015 : From Rancabadak to Cipatujah for Society

Tidak kurang dari 1.500 orang civitas akademika berbagai program studi di lingkungan Fakultas Kedokteran bersama dengan  Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu dan Budaya, Ilmu Keperawatan, dan Teknik Geologi Universitas Padjadjaran hadir di 12 Desa di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat pada hari Sabtu – Senin tanggal 15 – 17 Agustus 2015. 

Dibawah bimbingan dan kerjasama para Dosen/Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan, Alumni FK UNPAD, para Mahasiswa Program Sarjana Kedokteran, Program Profesi Dokter, Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS I), Mahasiswa Kebidanan dan Ilmu Keperawatan, serta 17 Dosen Dikti yang sedang magang di lingkungan UNPAD, bersama-sama kembali melaksanakan Program Kurikulum Terintergasi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran  tahun 2015.

Tema yang diusung kali ini adalah “Ka Pakidulan  Mapag Maslahat”  : From Rancabadak to Cipatujah for Society, merupakan  ekspresi dalam bahasa sunda yang artinya menjemput kebaikan di  wilayah selatan Jawa Barat; menyatukan program untuk kesejahteraan dalam bidang kesehatan di Jawa Barat khususnya bagian selatan.

Serangkaian acara dan kegiatan inti lainnya digelar seperti Balai Pengobatan di 4 desa : Darawati, Nagrog, Cikawungading dan Pameutingan, acara Khitanan Masal  dipusatkan di desa Ciheras, Operasi Katarak bagi sedikitnya 126 orang di Puskesmas Cipatujah, dan 5 orang Operasi Bibir Sumbing di desa Karangnunggal, serta penyuluhan dan survey kesehatan lainnya di desa-desa termasuk Bantarkalong, Tabongjaya, dan Padawaras, demikian sebagian laporan Ketua Pelaksana acara Dr. Oki Suwarsa, dr., M.Kes., SpKK(K) pada acara pembukaan di alun-alun desa Ciheras hari Minggu 16 Agustus 2015.

Dr. Oki menambahkan seluruh kegiatan bekerja sama dengan instansi pemerintah : RS. Dr. Hasan Sadikin, RSM Cicendo, Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Cipatujah, Zipur 9 Langlangbuana Kostrad.  Juga didukung oleh PT Cendo, PT Biofarma, dan PT Kompas Gramedia.

Berkenan hadir pada saat itu Rektor, Guru Besar dan Dekan di lingkungan Universitas Padjadjaran, para Kepala Departemen serta Koordinator Program Studi FK UNPAD, perwakilan dari RS. Dr. Hasan Sadikin dan RSM Cicendo Bandung, DKTP Wilayah IV mewakili Gubernur Jawa Barat, Bupati Tasikmalaya, Camat serta unsur muspika setempat dan para Kepala Desa Kecamatan Cipatujah.

 “Kegiatan yang sangat bermanfaat dan sebagai daya dorong akselerasi pembangunan kesehatan di Kabupaten Tasikmalaya khususnya di Tasikmalaya Selatan, Kecamatan Cipatujah dan lainnya” papar Uu Ruzhanul Ulum, SE, Bupati Tasikmalaya, sekaligus berharap adanya kelanjutan kerjasama UNPAD dan Kabupaten Tasikmalaya, baik untuk infrastruktur, pendidikan dan khususnya bidang kesehatan sebagai prioritas.

Rektor UNPAD, Prof. Dr. Med. Tri Hanggono Achmad, dr, baik dalam sambutan acara pembukaan maupun saat peresmian bangunan Bumi Walagri Padjadjaran IV menyampaikan komitmennya, selaras dengan program rintisan rektor UNPAD sebelumnya yaitu “UNPAD Nyaah Ka Jabar”, bahwa kegiatan ini didasari oleh komitmen nyata untuk ikut membangun propinsi Jawa Barat.

Salah satu komitmen yang akan diwujudkan di tahun 2016 adalah akan diberikan kesempatan kepada 2 orang per kabupaten di Jawa Barat untuk memasuki 50 program studi sarjana yang ada di UNPAD, khususnya untuk calon mahasiswa dari Kecamatan Cipatujah. “Ke depan yang akan kami dorong bukan sekedar memberikan kesempatan mengembangkan sumber daya manusia  tetapi pembangunan wilayah secara keseluruhan. Sehingga kebanggaan UNPAD ke depan bukan hanya menyatakan UNPAD sebagai universitas kelas dunia. Kami akan bangga jika suatu saat warga Jawa Barat atau masyarakat Jawa Barat bisa maju jauh lebih baik dari sekarang, bahkan bisa memberikan kontribusi kuat pada daya saing bangsa secara nasional  dan global” demikian harapan Prof. Tri.

Sebagaimana tahun 2012 di Rancabuaya Kabupaten Garut, tahun 2013 untuk Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur, dan tahun 2014 di Kecamatan Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi Selatan, di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya tahun 2015 ini juga telah dibangun Bumi Walagri Padjadjaran IV, di mana “bangunan ini merupakan bantuan dari Forum Komunikasi orang tua peserta didik,  yang kedepannya akan disupport oleh UNPAD” kata Prof. Tri.

Bumi Walagri Padjadjaran IV diresmikan langsung oleh Rektor UNPAD bersama dengan Bupati Kabupaten Tasikmalaya dan diserahkan melalui Camat Kecamatan Cipatujah disertai penyerahan  sepeda motor pengangkut sampah dan 1.000 pohon secara simbolis dari Alumni UNPAD.

Melalui rekaman videonya Dr. Elsa Pudji Setiawati, dr., MM, Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat FK UNPAD, menjelaskan bahwa semua Bumi Walagri Padjadjaran dikhususkan untuk  tempat pendidikan bagi  Mahasiswa Profesi Dokter dan Program Studi Dokter Spesialis, yaitu guna memperkuat, dapat bersinergi untuk meningkatkan pelayanan promotif preventif yang dilakukan puskesmas. Juga untuk dimanfaatkan sebagai wahana kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk promotif preventif, konseling,  konsultatif, yang sifatnya tidak sama dengan apa yang sudah ada, serta wahana untuk melakukan penelitian di komunitas yang terintegrasi, yang berkolaborasi antara FK UNPAD dengan Dinas Kesehatan Kabupaten setempat. 

Pada Senin 17 Agustus 2015¸ serentak mengikuti seluruh penjuru negeri, diadakan upacara memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 dengan pengibaran bendera merah putih di pantai Hotel Yokima Kecamatan Cipatujah dipimpin langsung oleh Dekan FK UNPAD Arief S. Kartasasmita,dr., SpM(K), PhD. Himbauan Dr. Arief bagi semua peserta  “merefleksikan diri untuk kembali mengingat semangat 45 dan memajukan semangat kebersamaan diatas semua semangat yang lain, semangat untuk memajukan negara kita di atas semangat kepentingan kelompok, golongan dan pribadi”.

“Inspiring Moment” persembahan Abah Iwan kepada seluruh peserta, menyempurnakan rangkaian acara penutupan Program Kurikulum Terintergasi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran tahun 2015 ini.

Share this Post:
Kembali
© 2019 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.