Seputar Fakultas

Sosialisasi Program Academic Leaderships Grant di FK Unpad

[FK-Unpad) Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) menyelenggarakan sosialisasi program Academic Leaderships Grant (ALG) di Ruang Ruang Rapat lt.2 Gedung RS Pendidikan Unpad, Selasa (19/5/2015) lalu. Kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan FK Unpad, Arief Syamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K), M.Kes., MM., PhD.

 

Dalam sambutannya, Dekan mendukung para akademisi yang ada di lingkungan FK Unpad untuk berkontribusi dalam kegiatan ALG tersebut.

 

“ Program ini digulirkan untuk menjawab tantangan jumlah profesor di Unpad. Begitu juga untuk di FK Unpad. Kami berharap peneliat yang dilakukan tidak hanya dilakukan dengan civitas akademika Unpad saja, tetapi juga dapat dilakukan bersama dengan dosen-dosen dari fakultas lain yang ada di Unpad,” Ungkap Dekan.

 

Program Hibah penugasan penelitian unggulan Academic Leaderships Grant ini merupakan hibah penelitian penugasan sesuai kebijakan universitas Padjadjaran (Unpad) yang diprioritaskan bagi profesor aktif dan doktor dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah profesor yang mempunyai Scopus ID dan h-index serta mengakselerasi dosen bergelar Doktor menjadi Profesor dengan cara meningkatkan kualitas dan produktivitas publikasi melalui penguatan penelitian dari para profesor dan calon profesor.

 

Dekan menambahkan, bahwa penelitian multidisplin akan memperkaya khazanah ilmu pengetahuan dan dapat memberikan warna baru bagi penelitian yang dilakukan FK Unpad.

 

Kegiatan yang dihadairi oleh Dokter-dokter, kepala pusat studi, dan guru besar yang ada di lingkungan FK Unpad ini diharapkan mampu memberikan gambaran kepada para peneliti untuk mempersiapkan diri membuat sebuah penelitian yang bertema panjang.

 

“Dalam program ini diharapkan para peneliti mempunyai konsep penelitian yang jelas, serta detail road map research. Sangat diharapkan penelitian yang dilakukan tidak hanya multidisiplin, tetapi juga multi jenjang. Semakin banyak yang ikut dalam penelitian akan semakin baik,” papar Dekan FK Unpad.

 

Sementara itu, Ahli Utama Translasi dan Harmonisasi Riset  Nasional dari Biofarma, DR.drh.Maharani, M.Si.  mengatakan bahwa biofarma memiliki keinginan yang besar untuk mengembangkan riset perguruan tinggi untuk menjadi riset nasional.

 

“Teknologi yang ditemukan dari hasil riset perguruan tinggi yang bisa diadopsi kemudian bisa dikomersialisasi akan kami dukung. Selama lima tahun ini biofarma tidak hanya bekerja sama dengan pihak perguruan tinggi, tetapi juga dengan pihak dikti, litbangkes, dan lain-lain,” ungkap Rani.

 

Rani menambahkan satu tujuan bersama dari sebuah riset adalah untuk sebesar-besarnya kemakmuran masyarakat. Hal ini lah yang nantinya akan menjadi  tujuan utama dari riset-riset yang dilakukan, tutupnya.

Share this Post:
Kembali
© 2018 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.