Seputar Fakultas

Visitasi oleh Asesor LAMPTKes bagi Program Studi Profesi Dokter Tahap Akademik dan Tahap Profesi Fakultas Kedokteran Unpad

[fk.unpad.ac.id : 30/10/2017] Pada tanggal 30 Oktober 2017 Program Studi Profesi Dokter Tahap Akademik dan Tahap Profesi divisitasi oleh tim asesor LAMPTKes yang terdiri dari tiga orang yaitu Prof. Dr. Eryati Darwin, dr.,PA[K] dari Universitas Andalas, Dr. Soegianto Ali, dr., M.Med.,Sc. dari Universitas Atmajaya dan Hj. Mariatul Fadillah, dr.,MARS dari Universitas Sriwijaja disambut oleh Pimpinan Fakultas, Para Ketua Program Studi, Para Kepala Departemen, Para Ketua Pusat Studi, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan di Ruang  Rapat Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, Gedung C1 lantai II Jatinangor.

 

Menurut Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran  Unpad, Prof. Dr. Dany Hilmanto, dr., Sp.AK, proses visitasi dalam rangka reakreditasi ini diharapkan dapat menjadi bagian penting untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di FK Unpad agar lebih baik lagi. Hal tersebut dikemukakan Wakil Dekan I saat menerima secara resmi tim asesor LAMPTKes  di Ruang  Rapat Dekan Fakultas Kedokteran Unpad, Gedung C1 lantai II Jatinangor,  Senin (30/10).

 

“Terima kasih atas kehadiran tim asesor ke FK Unpad, kami berupaya menjalankan visitasi ini lebih dari sekadar proses akreditasi,” ujar Wakil Dekan I FK Unpad. Lebih lanjut  Wakil Dekan I mengatakan, tim asesor LAMPTKes diharapkan dapat terjadi tukar menukar pemikiran, pandangan, dan interaksi dengan fakultas maupun prodi yang tengah divisitasi. “Kita harapkan bangun jejaring kesejawatan. Ke depan, ada waktu luang yang bisa kita manfaatkan untuk membicarakan hal yang bisa kita jalin, sehingga ada kerja sama yang bisa dibangun,” papar Wakil Dekan I.

 

Asesmen lapangan yang dilakukan oleh tim asesor ini merupakan tahap lanjutan dari desk evaluation terhadap borang akreditasi Program Studi Profesi Dokter Tahap Akademik dan Tahap Profesi Fakultas Kedokteran Unpad akan berlangsung selama tiga hari yakni dari tanggal 30 – 31 Oktober s.d 1 November 2017.

 

Hari pertama pada tanggal 30 Oktober 2017 tim asesor melakukan wawancara terhadap pengelola Fakultas dan pengelola Prodi Profei Dokter, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unpad untuk melakukan verifikasi terhadap data yang terdapat pada borang yang telah dikirimkan oleh Program Studi ke LAMPTKes. Selain itu, tim asesor juga melakukan survei terhadap fasilitas dan sarana prasarana pendukung Proses Belajar Mengajar di lingkungan Fakultas Kedokteran Unpad, Jatinangor.

 

Hari Kedua pada tanggal 31 Oktober 2017, pukul 07.00 s.d 09.00 WIB tim asesor melakukan telusur kegiatan Program Studi Profesi Dokter Tahap Profesi di Departemen RSUP. Dr. Hasan Sadikin Bandung yang didampingi oleh Ketua Program Studi Profesi Dokter Tahap Profesi Dr. Susi Susanah, dr.,Sp.AK.,M.Kes, Ahmad Rizal,  dr., Sp.S(K)., Ph.D., Nur Melani Sari, dr., Sp.A, M.Kes., Viramitha Kusnandi Rusmil, dr.,M.Kes.,Sp.A, Faisal, dr.,Sp.A, Sani Tanzilah, dr., Sp.F.

 

Sekitar pukul 09.00 WIB tim asesor dibagi tiga untuk melakukan visitasi ke setiap Rumah Sakit, diantaranya :

1.      Prof. Dr. Eryati Darwin, dr.,PA[K] ke Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo didampingi oleh Viramitha Kusnandi Rusmil, dr.,M.Kes.,Sp.A dan Raden Angga Kartiwa, dr., Sp.M(K)., M.Kes

2.      Dr. Soegianto Ali, dr., M.Med.,Sc. ke Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat didampingi oleh Nur Melani Sari, dr., Sp.A, M.Kes

3.      Hj. Mariatul Fadillah, dr.,MARS ke Rumah Sakit Angkatan Udara dr. M. Salamun Ciumbuleuit didampingi oleh Indah Amelia, dr., M.KM

 

Pada pukul 13.00 WIB  tim asesor melakukan wawancara terhadap dosen, alumni dan pengguna lulusan Program Studi Profesi Dokter Tahap Akademik dan Tahap Profesi Fakultas Kedokteran Unpad dan dilanjutkan dengan proses penilaian dan pembuatan Berita Acara Asessmen Lapangan.

 

Hari Ketiga tanggal 1 November 2017 tim asesor beserta pimpinan Fakultas dan Ketua Program Studi melakukan penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan baik Fakultas maupun Program Studi.

 

Setelah melalui tahapan asesmen lapangan ini, pengelola Fakultas dan Program Studi memiliki harapan agar Program Studi Profesi Dokter Tahap Akademik dan Tahap Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran memperoleh predikat akreditasi yang memuaskan.

 

Laporan oleh Tim Humas FK Unpad

Share this Post:
Kembali
© 2017 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.