Seputar Fakultas

FK Unpad siapkan program Kokurikuler Pewarisan Nilai Luhur dan Etika Profesi

Salah satu kompetensi dokter pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2012 dan bidan pada Permenkes 1464 tahun 2010 adalah mampu melaksanakan praktik yang profesional sesuai dengan nilai dan prinsip ke-Tuhan-an, moral luhur, etika, disiplin, hukum, dan sosial budaya. Dokter dan bidan harus bersikap dan berperilaku sesuai dengan standar nilai moral yang luhur, sesuai dengan prinsip dasar etika profesi masing-masing.

Untuk tujuan itulah pada Selasa (17/11/2015) FK Unpad mengadakan semiloka persiapan program kokurikuler tentang pewarisan nilai luhur dan etika profesi untuk memformulasikan konten serta metode penyampaian program tersebut.

Acara berlangsung di Ruang Senat FK Unpad Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad Jl. Prof Eijkman No. 38 Bandung, dibuka oleh Dekan FK Unpad, Arief S. Kartasasmita, SpM-K., Ph.D., dengan peserta para Guru Besar dan beberapa Koordinator Program Studi di lingkungan FK Unpad.

FK Unpad bertekad memupuk mahasiswanya lebih awal tentang pemahaman etika profesi ini dengan merencanakan suatu program pendamping kurikulum bagi semua jenjang program studi, yaitu suatu program yang dapat mewariskan nilai-nilai luhur dan etika profesi dari para profesional kepada peserta didik Fakultas Kedokteran UNPAD.

Pemaparan materi semiloka diberikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan & Kerjasama FK Unpad,  Prof.Dr.Dany Hilmanto,dr.,Sp.A(K). Selanjutnya para peserta dibagi ke dalam enam kelompok bahasan tentang Etiket, Kewajiban Umum Profesi Dokter, Kewajiban Dokter terhadap Pasien, Kewajiban Dokter terhadap Teman Sejawat, Kewajiban Dokter terhadap Diri Sendiri dan tentang Etika Profesi Kebidanan. Hasil bahasan serta diskusi kelompok dipresentasikan pada sidang pleno, yang kemudian akan dikompilasikan menjadi suatu pedoman program kokurikuler ini.  

Program ini direncanakan akan berlangsung sepanjang satu tahun yang mempertemukan peserta didik dengan para guru besar, bentuknya dapat seperti mentoring atau semi informal. Satu kelompok terdiri dari satu orang professor, satu orang fasilitator dan 10 sampai 12 orang mahasiswa.

Semiloka ini merupakan langkah awal dari pertemuan selanjutnya. Diharapkan program dapat mulai terlaksana bulan Januari tahun 2016 mendatang.

Share this Post:
Kembali
© 2019 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.