Seputar Fakultas

DEKAN FK UNPAD : JANGAN JADI DOKTER KOMERSIL

 “Lulusan FK Unpad jangan jadi dokter komersil”, demikian salah satu amanat Dekan FK Unpad, Dr. Arief S. Kartasasmita, SpM-K., Ph.D., kepada para lulusan Dokter Spesialis baru di acara Penyerahan Brevet Keahlian Program Pendidikan Dokter Spesialis I (PPDS I) FK Unpad Gelombang I Tahun Akademik 2015/2016, Rabu (3/11/2015).

Dalam sambutannya Dekan tidak bosan-bosan selalu mengingatkan kepada para lulusan baru untuk selalu belajar terus sebaik-baiknya dan memanfaatkan ilmu yang didapat untuk masyarakat secara luas. Menjaga marwah sebagai dokter serta menjadi role model yang baik di masyarakat. Terus mengembangkan ilmu, menghormati orang yang lebih tua, guru-guru yang telah memberikan ilmunya serta menjaga nama baik almamater.

Dr. Arief memiliki kekhawatiran raihan IPK (Indeks Kumulatif Akademik) para lulusan  yang diatas rata-rata tidak disertai dengan peningkatan taraf kesehatan masyarakat di Jawa Barat.

“Angka kematian di RS Dr. Hasan Sadikin masih  tinggi, pasien terlantar masih cukup tinggi. Juga Angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi di Jawa Barat. Artinya kami khawatir kita tidak ada untuk mereka (masyarakat), tetapi mereka yang ada untuk kita” ungkapnya

Untuk itu Dekan menyatakan hal ini merupakan suatu tantangan untuk semua bahwa sepintar apapun para lulusan tidak akan ada artinya untuk masyarakat jika tidak bisa memperbaiki kesehatan mereka.

“Meski perlu dikaji secara khusus korelasi kesesuaian antara peningkatan IPK rata-rata lulusan dokter spesialis dengan tingkat pelayanan kesehatan di RS dr. Hasan Sadikin, RS Mata Cicendo dan juga tingkat kesehatan dan pelayanan di Jawa Barat”, tambahnya.

Dekan juga mengingatkan dengan visi FK Unpad sekarang yang lebih berpihak kepada Jawa Barat, yaitu perlunya memperhatikan perbaikan tingkat kesehatan masyarakat di Jawa Barat.

“Sudah sejak tahun 1957 berdiri (FK Unpad), tetapi perbaikan kesehatan belum secara signifikan kita dapatkan dari tahun ke tahun, oleh karena itu hal ini menjadi suatu tantangan bagi kita semua yang lulus hari ini bagaimana kita dapat mendermabaktikan ilmu kita untuk kemaslahatan umat manusia” demikian harapannya.

Acara yang mengambil tempat di Auditorium Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran Jl. Prof. Eijkman No. 38 Bandung, dihadiri oleh Direktur RS. Dr. Hasan Sadikin Ayi Djembarsari, dr., MARS,  Plh. Direktur Utama PMN RSM Cicendo : DR. Dr.  Iwan Sovani, SpM(K), M.Kes., MM, para anggota Senat dan Guru Besar FK Unpad, Kepala Departemen, Koordinator Program Studi, orang tua dan keluarga para lulusan serta undangan lainnya.

5 Orang Lulusan Raih Predikat Dengan Pujian

Leri Septiani, dr, SpOG, dari program Studi Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan meraih predikat IPK tertinggi dan lulus Dengan Pujian.

Sementara keempat lainnya yang meraih predikat lulusan Dengan Pujian yaitu :  Renaldi Prasetia Hermawan Nagar Rasyid, dr., SpOT dari Program Studi Orthopaedi dan Traumatologi, dan 3 orang dari program studi Ilmu Kedokteran Nuklir  yaitu Febby Hutomo, dr., SpKN., Ayu Rosemeilia Dewi, dr., SpKN, dan Stepanus Massora, dr., SpKN.

Laporan Penanggung Jawab acara Penyerahan Brevet disampaikan oleh Sari Puspa Dewi, dr., MPHE, Asisten Dekan Bidang Pembelajaran FK Unpad, mewakili  Ketua TKP PPDS I FK Unpad.

Dr. Sari memaparkan penyerahan Sertifikat Brevet Keahlian kali ini seluruhnya diberikan kepada 64 orang lulusan, dua diantaranya dari program adaptasi, dengan perincian lulusan berasal dari Program Studi Patologi Klinik sebanyak 12 orang, Ilmu Kesehatan Anak 10 orang, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan 8 orang, Ilmu Penyakit Telinga Hidung Tenggorok 6 orang dan dari Orthopaedi dan Traumatologi  5 orang.

Sementara itu masing-masing 4 orang lulusan dari Program Studi Ilmu Anesthesiologi, Ilmu Kedokteran Nuklir, dan Ilmu Penyakit Dalam. Program Studi Ilmu Bedah dan Ilmu Kedokteran Jiwa masing-masing 3 orang, Program Studi Bedah Anak dan Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah masing-masing 2 orang dan 1 orang lulusan dari Program Studi Ilmu Penyakit Saraf.

Pada prosesi penyerahan brevet ini sambutan wakil para lulusan disampaikan oleh  Stefanus Massora, dr., SpKN.

Wakil Dekan II FK Unpad Irvan Afriandi, dr., MPH., Dr.PH  menyematkan Pin Fakultas secara simbolis kepada Renaldi Prasetia Hermawan Nagar Rasyid, dr., SpOT yang juga mewakili  para lulusan menyerahkan  karya akhir  (thesis) untuk fakultas. Sementara itu sebelum acara ditutup oleh Dekan/Ketua Senat FK Unpad  juga dilaksanakan pembacaan do’a oleh Muhamad Sidik Hassanudin, dr., SpTHTKL.

Share this Post:
Kembali
© 2019 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.