Seputar Fakultas

Siap dengan 72 SKS, FK Unpad luncurkan PIT Pascasarjana

Mengantisipasi penerapan Permendikbud RI Nomor 49 Tahun 2014 tentang pendidikan pascasarjana dengan besaran 72 SKS,  Pascasarjana FK Unpad siapkan langkah dengan meluncurkan Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) Pascasarjana pertama pada Jum’at (1/10/2015) bertempat di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad Jl. Prof Eijkman No. 38 Bandung.

PIT yang direncanakan akan diadakan rutin setiap tahun berisikan berbagai kegiatan ilmiah pascasarjana, diantaranya kegiatan seminar, workshop metode penelitian, dan puncaknya presentasi penelitian mahasiswa pascasarjana yang nilai besarannya 5 SKS.

“Agar menjadi wadah dimana para peserta didik melaksanakan kegiatan presentasi dari hasil penelitiannya untuk kemudian berujung pada penulisan jurnal baik nasional maupun internasional” demikian ungkap Prof. Dr. Johannes C. Mose, dr., SpOG(K), Koordinator Pascasarjana FK Unpad sekaligus ketua panitia acara.

Dekan FK Unpad Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., SpM(K)., MM., M.Kes., PhD., yang berkenan membuka acara menyatakan bangga dengan penyelenggaraan acara PIT ini, berharap selain dapat dijadikan sebagai ajang peserta didik memenuhi requirement academic, pemenuhan SKS dalam bentuk presentasi karya ilmiah dan publikasi, lebih jauh acara ini dapat menjadi jalan masyarakat yang lebih luas mengetahui apa yang selama ini sudah dicapai, advancement, inovasi, dan pengembangan lain yang ada di dalam universitas.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud komitment kami, Unpad, RSHS, RSMC dan FK Unpad, bersama sama untuk bagaimana mendapatkan semua proses yang ada dilakukan oleh institusi masing-masing sejauh jauhnya menghasilkan kemaslahatan bagi masyarakat Indonesia khususnya jawa barat”, ucap Dr. Arief.

Sejalan dengan ketua panitia, Dr. Arief pun berharap kedepannya PIT tidak hanya berlaku internal tapi dapat mengundang pascasarjana lain untuk bersama-sama membuat PIT seperti ini, sehingga sesama mahasiswa pascasarjana seluruh Indonesia dapat saling bertukar informasi dan tidak menutup kemungkinan untuk dapat menjalin kolaborasi dalam melakukan penelitian.  

Sebanyak 60  judul penelitian telah dipresentasikan mahasiswa Pascasarjana FK Unpad berasal dari S2 Kebidanan, S2 Ilmu Kedokteran Dasar dan S3 Kedokteran, secara simultan dengan Moderator dan Penilai terdiri dari Prof. Dr. Firman F. Wirakusumah, dr., SpOG(K)., Prof. Dr. Johannes C. Mose, dr., SpOG(K)., Prof. Dr. M. Nurhalim Shahib, dr., Prof. Dr. Yusuf Sulaeman Effendi, dr., SpOG(K)., Dr. Farid Husin,dr.,Ir.,SpOG.K.,M.Kes.,MH.Kes., dan Herry Herman, dr., SpOT., Ph.D.

Di akhir acara setiap mahasiswa presentan tersebut berhak mendapatkan nilai dan sertifikat pemenuhan 5 SKS serta Proceeding Book penelitiannya.

Seminar Onkologi

Acara yang diselenggarakan tepat dengan momentum Dies FK Unpad ke 58 dan HUT RS Dr. Hasan Sadikin ke 92 ini, dilengkapi dengan Seminar ilmiah  yang kali ini bertemakan tentang Onkologi. Acara dilangsukangkan di tempat yang sama.

Tema Seminar diambil karena selain Infeksi, Onkologi merupakan topik utama dalam pengembangan Pelayanan, Pendidikan  dan Penelitian yang sudah disepakati dalam Rencara Strategi Bisnis bersama antara RS.Dr. Hasan Sadikin – RSM. Cicendo dan FK Unpad.

“Sumber Daya Manusia, sarana dan prasarana akan terus diperkuat bersama ketiga institusi tersebut” demikian ucap Direktur SDM & Pendidikan, Rudi Kurniadi Kadarsah, dr., Sp.An., MM, M.Kes, dalam sambutannya.

Dipaparkan bahwa pada semester pertama tahun 2015, pasien rawat di RS. Dr. Hasan Sadikin carsinoma mamae adalah yang tertinggi, sedangkan 10 besar diagnosa rawat inap 8 diantaranya adalah tumor ganas, 3 diantaranya adalah sea mamae, sea servick dan sea ovarium. Dengan banyaknya  pasien ini merupakan lahan untuk pelayanan, pendidikan terhadap peserta didik juga penelitian.

Di RSHS juga telah terbentuk tim kanker, kolaborasi antara semua unit kerja  dan semua SMF, yang berhubungan juga dengan peserta didik.

Dr. Rudi berharap pada akhirnya acara ini dapat  memberikan dampak besar dan akan lebih mendorong efektifitas pelayanan Onkologi, termasuk dapat memberikan masukan-masukan agar pelayanan BPJS ke masyarakat menjadi lebih baik.

Materi Seminar dari pakar di bidangnya berisikan tentang TACE pada Hepatoma, Fecalt Occult Blood Test sebagai Penanda Colorectal Carcinoma, Minimal Invasive vs Invasive Histodiagnostic, Teranostic Nuclear Medicine, Biomarker pada Kanker Payudara, Paliative Oncology, Pain Management in Oncology Patient dan Paliative Radiotherapy.

Share this Post:
Kembali
© 2019 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.