Departemen & Staff

Departemen Ilmu Kesehatan Gigi dan Mulut


Latar Belakang

Departemen Ilmu Kesehatan Gigi dan Mulut merupakan salah satu departemen  di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.   Perkembangan ilmu kesehatan gigi dan mulut yang didukung oleh penelitian-penelitian yang dilakukan, ditemukan makin banyak kelainan dalam rongga mulut yang dapat berdampak langsung maupun tidak langsung pada kesehatan umum. Selain itu banyaknya penyakit sistemik yang bermanifestasi dalam rongga mulut dan kelainan dalam rongga mulut sebagai salah satu sumber infeksi yang dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Hal ini yang kami rasakan amat penting untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan secara holistik, dan membangun kerjasama professional antara dokter dan dokter gigi dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.                         

Sejarah

Prof. drg. Soerya Soemantri,MPH, yang pada saat itu menjabat sebagai kepala Poliklinik Dinas Kesehatan Gigi (DKG) Kota Madya Bandung, mengusulkan untuk membuka Poliklinik Gigi di RS. Rancabadak (sekarang RSUP DR. Hasan Sadikin) karena di RS tersebut belum memiliki poliklinik gigi.  Poliklinik Gigi RS Rancabadak  berdiri tahun 1957, diresmikan oleh Prof . drg. Soerya Soemantri,MPH bersama dengan berdirinya Bagian Ilmu Penyakit Gigi Dan Mulut FKUP. Poliklinik Gigi RS Rancabadak dikepalai oleh drg. Cohen seorang keturunan Belanda yahudi, dengan stafnya berasal dari Polikilinik Dinas Kesehatan Gigi Kota Madya Bandung antara lain mayjen TNI AD Prof. DR.drg. Moestopo,MPH, drg. Adang, kolonel TNI AD drg Roesli. Sedangkan Bagian Ilmu Penyakit Gigi Dan Mulut FKUP dikepalai oleh mayjen TNI AD Prof. DR.drg. Moestopo,MPH sampai tahun 1984. Sejak berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unpad tahun 1959, drg. Tet Soeparwadi (sekarang Prof drg.Tet Suparwadi.,SpBM) bergabung menjadi staf Poliklinik Gigi RS Rancabadak  dan staf pengajar di FKUP merangkap sekretaris Bagian Ilmu Penyakit Gigi Dan Mulut FKUP mendampingi mayjen TNI AD Prof. DR.drg. Moestopo,MPH. 

Pada tahun 1960, drg Cohen pulang ke Belanda dan kepala Poliklinik Gigi RS Rancabadak  digantikan oleh drg. Ny. Sudjinah Soerjadi. Pada tahun 1961, perkuliahan Ilmu Penyakit Gigi Dan Mulut FK Unpad pertama kali dilaksanakan pada mahasiswa Tk. V FKUP. Setelah kepemimpinan drg. Ny. Sudjinah Soerjadi berakhir tahun 1961, digantikan oleh drg. Roesli.  Pada akhir tahun 1962, Bagian Bedah Mulut RS Rancabadak sudah mempunyai tempat sendiri di RS Rancabadak (tidak bersatu dengan Poli Gigi Umum) dan penanggungjawab Poliklinik Bedah Mulut drg Roesli dan drg Gan Ho Ching. Kepanitraan klinik Fakultas Kedokteran Unpad pertama kali dilaksanakan pada tahun 1963 pada mahasiswa Tk. VI/VII di Poliklinik Gigi Dinas Kesehatan Kota madya Bandung (RSU. Rancabadak Bandung). Sesudah drg. Roesli meninggal, kepemimpinan poliklinik gigi tidak diketahui secara jelas sampai September tahun 1969. Sejak saat itu, kepala poliklinik Gigi RS. Rancabadak selalu dipegang oleh staf FKG. Tahun 1966-1969, kepala Poliklinik Gigi dipegang oleh drg. Moh. Endang Daud. Pada tanggal 6 oktober 1967 RS. Rancabadak diganti menjadi RS. Hasan Sadikin. Tahun 1969, Poliklinik Gigi RSHS telah memiliki beberapa ruang tindakan yaitu ruang tindakan Exodonsia, Periodonsia, Konservasi, Bedah Mulut dan Poli Gigi Pegawai.

  1. Tahun 1969-1973 kepemimpinan Poliklinik Gigi RSHS dipegang oleh h drg. Julianti Solaiman sesuai dengan SK Dekan FKG Unpad No.11/KEP/FKG/69.
  2. Tahun 1973-1974, kepemimpinan Poliklinik Gigi RSHS dipegang oleh drg. Tet Soeparwadi sesuai SK Dekan FKG Unpad No. 03/KEP/FKG/73 tanggal 13-3-1973
  3. Tahun 1974-1976, kepemimpinan Poliklinik Gigi RSHS dipegang oleh drg. Lieke Indieningsih Kartono sesuai SK Dekan FKG Unpad No.09/KEP/FKG/74 tanggal 13-6-1974
  4. Tahun 1976-1977  kepemimpinan Poliklinik Gigi RSHS dipegang oleh drg. Setiawan Natasasmita sesuai SK Dekan FKG Unpad No.07/KEP/FKG/76 tanggal 3-5-1976
  5. Tahun 1977-1984 kepemimpinan Bagian Kesehatan Gigi Dan Mulut RSHS dipegang oleh drg. Asparin Harwisnu sesuai SK Dekan FKG Unpad No.12/KEP/FKG/77 tanggal 23-04-1977
  6. Tahun 1984-1989 kepemimpinan Bagian Kesehatan Gigi Dan Mulut RSHS dipegang kembali oleh drg. Moh. Endang Daud.,SpBM.
  7. Tahun 1989-2003 kepemimpinan Bagian Kesehatan Gigi Dan Mulut RSHS dipegang oleh Prof. Sunardi Mangundjaja.,SpBM.,DSS
  8. Tahun 1985-2002 Bagian Ilmu Penyakit Gigi Dan Mulut FKUP dikepalai oleh drg. Riffna Affiandi menggantikan mayjen TNI AD Prof. DR.drg. Moestopo,MPH.
  9. Tahun 2003, Sub Bagian Bedah Mulut memisahkan diri dari UPF Gigi Dan Mulut, dan membentuk UPF sendiri yang dikepalai oleh drg. Ida Ayu Astuti.,SpBM dan Poliklinik Gigi RSHS dikepalai oleh drg. Moh. Afandi.,SpBM.
  10. Tahun 2005, Bagian Ilmu Penyakit Gigi Dan Mulut FKUP bergabung dengan UPF Gigi Dan Mulut RSHS dan nama nya berganti menjadi Bagian/UPF Penyakit Gigi Dan Mulut FKUP/RSHS dengan kepala bagian dipegang oleh drg. Suhariani Soediro.,SpPros menggantikan drg. Moh Afandi.,SpBM dan drg. Riffna Affiandi sampai tahun 2009 dengan  sekretaris nya drg. Dian Ariani.
  11. Tahun 2010 sampai sekarang, Bagian/UPF Penyakit Gigi Dan Mulut FKUP/RSHS dikepalai oleh drg. Etty Sofia MA.,SpKGA dengan sekretaris drg. Gusriani.,SpPerio.
  12. Tahun 2011, sesuai dengan SK…..Bagian/UPF Penyakit Gigi Dan Mulut berganti menjadi Departemen/UPF kesehatan gigi dan mulut.
  13. Tahun 2016, sesuai SK Rektor Universitas Padjadjaran No.145/UN6.C/KP/2016, Departemen Ilmu kesehatan Gigi dan Mulut dikepalai oleh drg. Etty Sofia MA.,SpKGA periode 2016-2021.
Visi dan Misi

VISI

Menjadi Pusat Rujukan Nasional Kesehatan Gigi dan Mulut yang unggul

MISI

  1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan Gigi dan Mulut paripurna dan prima, yang terintegrasi dengan pelayanan, pendidikan dan penelitian
  2. Menyelenggarakan sistem rujukan pelayanan kesehatan berjenjang yang bermutu
  3. Melakukan transformasi dalam mewujudkan status kesehatan masyarakat yang lebih baik
Struktur Organisasi

Daftar Nama Staf Pendidik :

  1. Marlianti Hidayat, drg, MH.Kes
  2. Etty Sofia MA, drg, SpKGA
  3. Gusriani, drg, SpPerio
  4. Laili Aznur, drg, SpKG
  5. Lia Dahliana, drg, SpOrt
  6. Dian Ariani, drg

 

Nama Staf Kependidikan :

  1. Neng Lely Herdiyani, S.IP.,M.AP
Kontak Kami

Kontak : (022) 2551128 

Kembali
© 2017 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.