Departemen & Staff

Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin


Latar Belakang

Ilmu Kesehatan Kulit & Kelamin adalah cabang dari ilmu kedokteran yang mempelajari kulit & kelamin seperti rambut, kuku, kelenjar keringat, penyakit yang ditularkan melalui alat kelamin, dermatologi kosmetik dan bedah dermatologi. Ilmu kesehatan kulit & kelamin disebut juga dermato-venerologi.

Sejarah

Sejak tahun 1955 RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung yang sebelumnya dikenal sebagai RSU Rancabadak telah dilengkapi dengan bagian khusus untuk melayani penderita-penderita penyakit kulit dan kelamin. Pada saat itu jabatan Kepala Bagian dipegang oleh dr. Winter Wangke. Beliau dibantu oleh dua orang dokter spesialis kulit dan kelamin, yaitu dr. Cornel Singawinata dengan dr. Thio Biaw Sing sebagai tenaga tidak tetap.

Pada tahun 1964 dr. Waloejo Soemodilogo, SpKK, alumnus FKUI diangkat menjadi Kepala Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/ RSU Rancabadak Bandung. Sejak saat itu mulai dirintis pendidikan dokter spesialis kulit dan kelamin, dan pada tahun 1969 telah lulus tiga orang dokter spesialis yaitu dr. Tjio Wie Koei SpKK, dr. Hasyim Rowawi SpKK, dan dr. A. Hendrawan SpKK. Ketiga dokter tersebut merupakan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin lulusan pertama dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Selanjutnya, pada tahun 1974 lulus empat orang dokter spesialis, yaitu dr. Yenny Andari SpKK, dr. A. Bernard Prawiradiningrat SpKK, dr. Trayono Soenodo SpKK, dan dr. Tony S. Djajakusumah SpKK.Setelah kelulusan tersebut terjadi kekosongan tenaga pengajar sehingga pendidikan dokter spesialis terhenti. Untuk mengisi kekosongan tersebut, dr. Tony S. Djajakusumah SpKK ditunjuk untuk memimpin bagian dengan dibantu oleh dr. Ongko Rantauw dan dr. Hj. Sri Werdani.

Walaupun pada saat itu Bagian Kulit dan Kelamin belum dapat melaksanakan program pendidikan dokter spesialis, beberapa orang dokter yaitu dr. Tjutju Trispurnomo dan dr. Oetomo Sigit, bersedia bekerja di bagian sambil menunggu program pendidikan dapat dilaksanakan.

Pada tahun 1976 hadir staf pengajar baru, yaitu dr. Ino Laksana SpKK, alumnus FKUI yang kemudian memimpin bagian hingga tahun 1978. Selain itu hadir pula dr. Nurilla S. Hydari SpKK, alumnus FK USU.Sehubungan pendidikan dokter spesialis belum juga dapat dilaksanakan, maka dr. Hj. Sri Werdani, dan dr. Oetomo Sigit, menyelesaikan pendidikannya di pusat pendidikan di luar FK UNPAD yaitu di FKUI dan di FK UNDIP.

Pada tahun 1978,dr. Tony S. Djajakusumah SpKK terpilih kembali menjadi Kepala Bagian, danpada tahun 1981, staf pengajar diperkuat lagi dengan hadirnya dr. Sudigdoadi SpKK, alumnus FK UNAIR.

Setelah dilakukan beberapa pertimbangan dan kajian, maka pada tahun 1981, setelah mendapat persetujuan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Direktur RSUP Dr. Hasan Sadikin dan Consorsium of Medical Sciences (CMS), Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin RSUP Dr. Hasan Sadikin dapat memulai lagi program pendidikan spesialis meskipun belum dapat mendidik secara penuh. Pada saat itu dr. Sugana Natapawira, dan dr. Fauziah S. Landjono, peserta didik program spesialis ilmu penyakit kulit dan kelamin menyelesaikan pendidikannya di FK UNDIP dan di FKUI.

Pada tahun 1983, dr. Sri Werdani SpKKmenyelesaikan pendidikan di FKUI. Tahun 1984 dr.Wiradi Mangkuwinoto SpKK yang merupakan lulusan FK UI, memperkuat staf pengajar di Bagian Kulit dan Kelamin.

Pada tahun 1986 pendidikan dokter spesialis di Departemen Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr.Hasan Sadikin telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan CMS sehingga resmi diakui sebagai Program Pendidikan Dokter Spesialis I Kategori A1. Hal ini berarti Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dapat mendidik secara penuh. Keberhasilan ini berkat kerja keras Kepala Bagian saat itu dan bantuan yang diberikan terutama dari Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Direktur RSUP Dr. Hasan Sadikin, Kepala Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Ketua PADVI (Perkumpulan Ahli Dermato Venereologi Indonesia) Pusat, yaitu dr. Kosasih SpKK dan seluruh staf pengajar.

Pada tahun 1987 dr. Tjutju Trispurnomo SpKK dan dr. Asmaja D. Soedarwoto SpKK menyelesaikan pendidikan Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran diikuti dr. Endang Sutedja SpKK dan dr.A.Fattah Madani SpKK pada tahun 1988, serta dr. Indrarini T. Soetikno SpKK, dr. Rachmatdinata SpKK dan dr. Prabowo Endropranoto SpKK pada tahun 1989. Beberapa orang diantaranya yaitudr. Asmaja D. Soedarwoto SpKK, dr. Endang Sutedja SpKK dan dr. Rachmatdinata SpKK menjadi staf pengajar di Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin RSUP Dr. Hasan Sadikin.

Pada tahun 1993 staf pengajar bertambah dengan kehadiran dr. Dendi Sandiono SpKK. dr. Sudigdoadi SpKK berhasil mempertahankan disertasinya tahun 1994 dengan judul “Molekul IgE pada permukaan dinding sel Langerhans epidermal sebagai petanda diagnosis pada dermatitis atopik”di Universitas Padjadjaran, Bandung. Dengan demikiandr. Sudigdoadi SpKK merupakan Doktor pertama dari Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin FK UNPAD.

Pada awal tahun 1995 dr. Jono Hadi Agusni SpKK, dr. Lies Marlysa Ramali SpKK, dan dr. Muljaningsih Sasmojo SpKK diangkat sebagai staf pengajar.Pada tahun yang samaBagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dipimpin oleh dr. H. Endang Sutedja SpKK menggantikan dr. Tony S. Djajakusumah SpKK yang melanjutkan pendidikan S3. Oleh karena pada bulan September 1997 dr. H. Endang Sutedja SpKK juga mengikuti program pendidikan S3 di Universitas Padjadjaran, maka sebagai pejabat Kepala Bagian ditunjuk dr. Hj. Sri Werdani SpKK.

Pada tahun 1997, dr. Tony S. Djajakusumah meraih gelar Doktor di Universitas Antwerpen, Belgia dengan disertasi Urethral discharge in male patient. A study on etiology and patient management”

Tahun 1998, DR. dr. Tony S Djajakusumah SpKK terpilih kembali untuk memegang jabatan Kepala Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin.Tahun 1998 dr. Inne Arline Diana SpKK ikut bergabung disusul oleh dr. Hartati Purbo Dharmadji SpKK.

Tanggal 1 September 1999 Prof. DR. dr. H. Tony S.Djajakusumah, SpKK dikukuhkan menjadi guru besar tetap pertama dalam bidang Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung, sedangkan pidato pengukuhannya yang berjudul “Beberapa pendekatan rasional dalam menurunkan transmisi HIV”, dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2000.Pada tanggal 14 September 1999 dr. Hj. Sri Werdani SpKK purnatugas sebagai staf pengajar di Departemen Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung. Awal tahun 2000, dr. Unwati Sugiri SpKK diangkat menjadi staf pengajar..

Pada bulan September 2001 dr. Asmaja D. Soedarwoto SpKK telah terpilih sebagai Kepala Departemenmenggantikan Prof. DR. dr. H. Tony S. Djajakusumah SpKK. dr. Rasmia Rowawi SpKK diangkat sebagai staf pengajar sejak awal tahun 2001, sedangkan dr. Oki  Suwarsa M.Kes. SpKK pada tahun 2002.

Pada tanggal 1 Juni 2003, Prof. DR. dr.Sudigdoadi SpKK dikukuhkan menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung. Pidato pengukuhannya berjudul “Dermatitis atopik dulu, sekarang dan prospek penelitian dimasa yang akan datang.”

Departemen Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin juga ditunjuk menjadi Pusat Studi Dermatitis Atopik Tingkat Nasional dengan Prof. DR. dr. Sudigdoadi SpKK sebagai koordinatornya.

Berdasarkan surat dari pengurus harian PP Perdoski No: 055/PERDOSKI/ PP/XI/03, tertanggal 10 November 2003 telah mengubah nama Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin menjadi Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, dengan demikian nama Departemen Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin berubah menjadi Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin.Pada bulan April 2003 dr. Endang Sutedja SpKK meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran dengan disertasi berjudul  “Peran casein susu sapi pada dermatitis atopik anak ”. Pada tahun 2003, dr. Reti Hindritiani SpKK diangkat sebagai staf pengajar di UNPAD.

Pada bulan April 2004 Prof. DR. dr. H. Tony S.Djajakusumah SpKK(K) purnatugas sebagai staf pengajar di Bagian Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.

Pada bulan Januari 2006 dr. Rachmatdinata SpKK telah terpilih sebagai Kepala Bagian menggantikan dr. Asmaja D. Soedarwoto SpKK. Pada tahun 2006 dr. Hendra Gunawan SpKK (2006) diangkat sebagai staf pengajar diikuti oleh dr. Reiva Farah Dwiyana SpKK, M.Kes (2008). Pada bulan Febuari 2008 dr. Hendra Gunawan SpKK meraih gelar PhD pada Program Doktoral Juntendo Universitas Tokyo dengan disertasi berjudul Protease activity of allergenic pollen of cedar, cypress, juniper, birch and ragweed”.

Prof. Dr. dr. Endang Sutedja SpKK(K) diangkat menjadi guru besar dalam bidang Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung pada tanggal 20 November 2009. Pidato pengukuhannya berjudul “Alergi dalam Perspektif Sains dan Sosial, serta Hubungannya dengan Reformasi Kesehatan Masyarakat”.Pada tahun 2009, dr. Kartika Ruchiatan, SpKK, M.Kes diangkat menjadi staf pengajar.

Pada bulan Januari 2010 dr. Jono Hadi Agusni, SpKK(K) telah terpilih sebagai Kepala Bagian menggantikan dr. Rachmatdinata SpKK(K).

Pada bulan Februari 2011 dr. Oki Suwarsa, M.Kes, SpKK(K) meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran dengan disertasi berjudul “Aktivitas sekresi sitokin IL-18, IL-4, dan IFN-γ pada kultur limfosit yang distimulus oleh Staphylococcal Enterotoxin B(SEB) sebagai petanda eksaserbasi tingkat seluler pada penderita dermatitis atopic”. dr. Risa Miliawati Nurul Hidayah, SpKK diangkat menjadi staf pengajar pada tahun 2011.

Pada bulan Februari 2012 Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin diganti namanya menjadi Departemen/SMF Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin. Pada tahun 2012, dr. Yunita Damopolii Darmasetiawan SpKK, M.Kes dan dr. Eva Khrisna M.Kes., SpKK diangkat menjadi staf pengajar.

Pada bulan Juli 2013, dr. Reti Hindritiani, SpKK(K) meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran dengan disertasi berjudul “Mekanisme penghambatan sintesis melanin oleh ekstrak metanol temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.) melalui penurunan transkripsi microphtalmia-associated transcription factor (MITP) pada mouse melanoma B16 cell line”.Pada Februari 2013, dr. Asmaja D. Soedarwoto SpKK(K) purnatugas sebagai staf pengajar di Departemen/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.

Pada bulan Februari 2014, Dr. Oki Suwarsa, dr., M.Kes, SpKK(K) terpilih sebagai Kepala Departemen menggantikan dr. Jono Hadi Agusni, SpKK(K) dan dr. Pati Aji, SpKK., M.Kes diangkat sebagai staf pengajar.

Pada masa kepemimpinan Dr. Oki Suwarsa, dr., M.Kes., SpKK(K), Depertemen/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin melakukan kerjasama Internasional melalui penandatanganan “Letter of Intent” dengan Head of Department of Dermatology, University of Maryland Scool of Medicine, The United State of America, Anthony A. Gaspari, MD dan juga bekerjasama dengan Chair of Departement of Dermatology and Allergology, Juntendo University, Tokyo, Jepang, Ikeda Shigaku, M.D., Ph.D dan CEO Juntendo University, Tokyo, Jepang Ogawa Hideoki, M.D., Ph.D.

Pada bulan Maret 2015 dr. Reiva Farah Dwiyana SpKK, M.Kes meraih gelar Doktor di Universitas Padjadjaran dengan disertasi berjudul “Pengaruh hidrogen peroksida eksternal terhadap inhibisi proliferasi sel keratinosit-melanosit, kadar endoteli-1 keratinosit, dan jumlah endhotelin 13 receptor melanosit in vitro studi etiopatogenesis faktor pencetus vitiligo pada mono- dan mixed-culturenormal human epidermal keratinocyte dan melanocyte.” Namun, pada tahun 2015, dr. Rachmatdinata, SpKK(K) dan dr. Dendi Sandiono, SpKK(K) purnatugas sebagai staf pengajar di Departemen/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, diikuti oleh dr. Muljaningsih Sasmodjo, SpKK(K) (2016). Pada tahun 2016, dr. Yunita Damopolii Darmasetiawan, SpKK, M.Kes mengundurkan diri dari Departemen/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung.

Pada tahun 2017, Prof. Dr. dr. Endang Sutedja, SpKK(K) purnatugas sebagai staf Departemen/SMF Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, sehingga jumlah staf pengajar saat ini 14 orang.

Semenjak resmi diakui sebagai PPDS kategori A1, Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran/RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung telah meluluskan 155 orang Dokter Spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin dan 3 orang peserta adaptasi, sedangkan peserta program PPDS I saat ini berjumlah 34 orang, pada saat KONAS PERDOSKI bulan Agustus 2017 Dr. Oki Suwarsa, dr., M.Kes., SpKK(K) terpilih sebagai Ketua Kolegium Dermatologi dan Venereologi Indonesia Periode 2017 – 2020.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi salah satu pusat pelayanan, pendidikan dan penelitian yang bertaraf internasional

Misi 

  • Menyelenggarakan pelayanan kesehatan kulit dan kelamin secara paripurna, mencakup promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
  • Menyelenggarakan sistem pendidikan yang mampu menghasilkan para lulusan dokter dan dokter spesialis maupun petugas kesehatan lainnya yang profesional, berkualitas, dan mampu bersaing dalam era globalisasi serta beretika dan bermoral baik.
  • Mengembangkan penelitian yang menghasilkan data sebagai dasar untuk memberikan pelayanan terbaik
Struktur Organisasi

Kepala Departemen

Dr. Oki Suwarsa, dr., SpKK(K)., M.Kes

 

Sekretaris Departemen

Unwati Sugiri, dr., SpKK(K)

 

Ketua Program Studi

Dr. Reti Hindritiani, dr., SpKK(K)

 

Sekretaris Program Studi

Dr. Reiva Farah Dwiyana, dr., SpKK., M.Kes

 

Anggota

Prof. Dr. Endang Sutedja, dr., SpKK(K)

Jono Hadi Agusni, dr., SpKK(K)

Lies Marlysa Ramali, dr., SpKK(K)

Inne Arline Diana, dr., SpKK(K)

Hartati P. Dharmadji, dr., SpKK(K)

Rasmia Rowawi, dr., SpKK(K)

Hendra Gunawan, dr., SpKK(K)., Ph.D

Kartika Ruchiatan, dr., SpKK., M.Kes

Risa Miliawati NH, dr., SpKK

Eva Krishna Sutedja, dr., SpKK., M.Kes

Pati Aji Achdiat, dr., SpKK., M.Kes

R.M. Rendy Ariezal E, dr., SpDV

Miranti Pangastuti, dr., SpDV

Vina Feriza, dr., SpDV

 

Purnabakti

Prof. Dr. Tony S. Djajakusumah, dr., SpKK(K)

Asmaja D. Soedarwoto, dr., SpKK(K)

Rachmatdinata, dr., SpKK(K)

Dendi Sandiono, dr., SpKK(K) 

Muljaningsih Sasmojo, dr., SpKK(K)

 

Tenaga Kependidikan

Hendrayana, S.Sos

Eva Fatimah

Anggreani S., SE.Ak

Robby Rubyanto S., Amd

Novan Agung Prabowo, S.Sos

Ikbal Braga Martadiredja, AMd

Kontak Kami
Kembali
© 2017 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.