Departemen & Staff

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal


Latar Belakang

Beberapa kejadian dalam kehidupan sehari-hari memiliki irisan antara aspek medis dan aspek hukum, sehingga dibutuhkan cabang ilmu yang dapat menjembatani kedua bidang dan kepentingan tersebut. Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal merupakan cabang ilmu kedokteran yang diaplikasikan untuk kepentingan keadilan.

Sejarah

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal didirikan pada tahun 1975. Sejak awal berdiri hingga tahun 2002 dikenal dengan nama Bagian Ilmu Kedokteran Kehakiman. Kepala bagian Ilmu Kedokteran Kehakiman yang pertama adalah Prof. Topo Harsono, dr. Sp.PA, yang juga saat itu merangkap sebagai Kepala bagian Patologi Anatomi, sehingga departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal ini memiliki keeratan sejarah dengan departemen Patologi Anatomi.

Pada tahun 1980, Pardjaman Tojo, dr., Sp.F., Sp.PA. diangkat menjadi Kepala Bagian. Ilmu Kedokteran Kehakiman menggantikan Prof. Topo Harsono, dr., Sp.PA, dengan  Staf Dosen pada saat itu terdiri atas:

  1. Honny Nangoy, dr., Sp.F. 
  2. H. Liszarwan Baheram, dr., Sp. F. (alm)
  3. H. Noorman Herryadi, dr., Sp.F., S.H.

Pada tahun 1996 Honny Nangoy, dr., Sp.F memasuki masa purnabakti.  Pada tahun 2002 Pardjaman Tojo, dr., Sp.F., Sp.PA. pun memasuki masa purnabakti, dan jabatan kepala bagian digantikan oleh H. Liszarwan Baheram, dr., Sp.F. Pada tahun 2003, H. Noorman Herryadi, dr., Sp.F., SH., diangkat menjadi kepala bagian dan menjadi satu-satunya dokter spesialis Forensik di Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, karena H. Liszarwan Baheram, dr., Sp.F wafat. Pada tahun 2015, dr. Pardjaman Tojo wafat. Selanjutnya, Dr. Yoni F. Syukriani, dr., MSi., SpF., DFM., menggantikan dr. Noorman Herryadi SpF sebagai kepala departemen, dan pada bulan Oktober 2017, dr. Noorman Herryadi, SpF., SH mulai memasuki masa purnabakti.

Visi dan Misi

Visi dan Misi Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal diturunkan dari Renstra Bersama antara Fakultas Kedokteran UNiversitas Padjadjaran dengan RSUP DR. Hasan Sadikin Bandung, sebagai RS Pendidikan Utama.

Visi

Menjadi Center Pendidikan dan Pelayanan Kedokteran Forensik dan Medikolegal yang Profesional, Unggul, Terintegrasi, dan Mutakhir.

Misi

  1. Menyelenggarakan pelayanan Kedokteran Forensik yang paripurna dan prima, yang terintegrasi dengan pendidikan dan penelitian.
  2. Melakukan transformasi dalam mewujudkan status kesehatan masyarakat yang lebih baik
  3. Menyelenggarakan sistem evaluasi berkala untuk peningkatan pelayanan dan pendidikan, serta penguatan internal.
Struktur Organisasi

Kini, Departemen/SMF Ilmu Kedokteran Forensik FKUP memiliki  7 orang staf, yaitu:

  1. Dr. Yoni F. Syukriani, dr., SpF., DFM
  2. B. Isnia Fitrasanti, dr., SIP., SpF., MFM
  3. Chevi Sayusman, dr., SpF
  4. Naomi Yosiati, dr., SpF
  5. Nita Novita, dr., SpPA
  6. Fitri Agustina Huspa, dr., SpF
  7. Sani Tanzilah, dr., SpF
Kontak Kami

Dept/SMF Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran – RSUP Dr. Hasan Sadikin
Telp./Fax: 022.2041171

Kembali
© 2018 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.