Galeri Kegiatan

Media Player UI
Media Player UI
Media Player UI
Media Player UI
Media Player UI
Media Player UI

Detail Kegiatan


Nama Kegiatan
Peresmian Pelatakan Batu Pertama RS>Pendidikan Hewan Universitas Padjadjaran oleh Gubernur Jawa Barat H.A Heryawan
Tanggal Pelaksanaan
09 Jun 2018
Unit Pelaksana
Universitas Padjadjaran

Deskripsi Kegiatan

ACARA PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN

RUMAH SAKIT HEWAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

 

Jatinangor, 9 Juni 2018. Setelah berdirinya Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran UNPAD-Rumah Sakit Dr.Hasan Sadikin Bandung, kembali Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Jawa Barat menginisiasi berdirinya Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hewan Pendidikan tersebut dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat  Dr. Ahmad Heryawan didampingi Rektor Universitas Padjadjaran Prof.Dr. med.Tri Hanggono Achmad, dr. dan Ketua Pengurus Besar PDHI Heru Setijantio, drh., beserta para pimpinan dari Universitas Padjadjaran pada hari Sabtu, 9 Juni 2018.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Ahmad Heryawan juga memberikan kuliah umum dengan judul “Memacu Peran Pembangunan Jawa Barat Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Indonesia”. Dalam kuliah umum tersebut Gubernur Jawa Barat menekankan pentingnya meningkatkan daya saing produk-produk daerah khususnya produk masyarakat Jawa Barat agar masyarakat Jawa Barat  tidak hanya menjadi pasar bagi produk-produk luar. Pemerintah Daerah Jawa Barat dibawah kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan telah banyak mendorong bagi pengembangan produk-produk asli daerah untuk dapat bersaing dengan produk-produk luar yang masuk ke dalam negeri khususnya Jawa Barat.

Selesai memberi kuliah umum, Gubernur Ahmad Heryawan (Aher) mendapat penghargaan  Anugrah Manusya Mriga Satwa Sewaka. Penghargaan itu merupakan gelar tertinggi dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) kepada Gubernur Jawa Barat atas keberpihakannya terhadap kedokteran hewan.

Penghargaan diberikan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Heru Setijantio, drh.Selama masa  jabatannya sebagai Gubernur Propinsi Jawa Barat,  Ahmad Heryawan dinilai PDHI telah banyak berjasa dan memberikan dukungan yang besar kepada kedokteran hewan.

Gubernur Ahmad Heryawan telah membangun Rumah Sakit Hewan Pemerintah Propinsi Jawa Barat yang berlokasi di Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Dalam hal ini, Jawa Barat menjadi satu-satunya Propinsi yang memiliki Rumah Sakit Hewan dengan fasilitas yang memadai.Gubernur Ahmad Heryawan menilai kesehatan hewan  juga berkaitan dengan kesehatan manusia. Baik hewan sebagai bahan pangan, maupun hewan sebagai hewan peliharaan.

Gubernur juga telah menginisiasi berdirinya  Program Studi Kedokteran Hewan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (UNPAD) 2 (dua) tahun lalu.

 

Acara dilanjutkan dengan pemberian beasiswa dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat tahun 2017 kepada 67 orang, yang terdiri dari S1 (50 orang), S2 (11 orang), S3 (6 orang) dan beasiswa dari Bank Jabar (BJB kepada 54 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran) tahun 2016 dan 2017 yang berasal dari 25 kota/kabupaten di Propinsi Jawa Barat.

Perwakilan dari para mahasiswa penerima beasiswa adalah dari Mahasiswa S1:  R. Siti Rahmah Fatmahaidah Gitakusumah (Fakultas Pertanian), Fathin Abdusshobur (Fakultas Peternakan; Perwakilan dari Mahasiswa S2: Fendria Yudha (FISIP), Novianti Siswandini (Sekolah Pasca Sarjana); Perwakilan dari Mahasiswa S3: Dita Agustian (Sekolah Pasca Sarjana). Mahasiswa yang menerima beasiswa dari BJB 2 orang yaitu mahasiswa dari Fakultas Kedokteran: Usta Afina dan Muhammad Fathurrahman.

Setelah pemberian beasiswa, Gubernur Ahmad Heryawan meresmikan Pusat Data Jawa Barat, Universitas Padjadjaran.

Acara diakhiri dengan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Padjadjaran pada pukul 13.00 WIB. Peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Hewan Pendidikan dilakukan di Kampus Universitas Padjadjaran  Jatinangor. Tahap awal pembangunannya disumbang dari APBD Provinsi Jawa Barat senilai Rp 20 miliar.

Pemerintah Daerah Jawa Barat dibawah kepemimpinan Gubernur Ahmad Heryawan berkomitmen membantu pengembangan sumber daya manusia (SDM), karena beliau sadar bahwa untuk kemajuan suatu bangsa pengembangan sumber daya manusia sangatlah penting. Demikian yang disampaikan Gubernur Ahmad Heryawan dalam kuliah umumnya. Oleh sebab itu Pemerintah Daerah Jawa Barat bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. med Tri Hanggono Achmad, dr melakukan berbagai kerjasama untuk perkembangan sumber daya manusia di Jawa Barat khusunya, salah satunya adalah pembangunan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Padjadjaran. [Laporan : Sri Kisyati-Tim Humas FK]

Kembali
© 2018 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.