Galeri Kegiatan

Media Player UI
Media Player UI

Detail Kegiatan


Nama Kegiatan
PATURAY TINEUNG bersama Prof. Dr. Firman F. Wirakusumah, dr.,SpOG(K) dan Prof. Herman Susanto, dr.,SpOG(K)
Tanggal Pelaksanaan
26 Jun 2018
Unit Pelaksana
Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran jatinagoro

Deskripsi Kegiatan

377.jpg382.jpgPATURAY  TINEUNG  bersama

Prof. Dr. Firman F. Wirakusumah, dr.,SpOG(K) dan Prof. Herman Susanto, dr.,SpOG(K)[ANIKOES1] 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran kembali melepas dua orang Guru Besarnya yang telah memasuki masa akhir pengabdiannya di Fakultas Kedokteran yakni Prof. Dr. Firman F. Wirakusumah, dr.,SpOG(K) dan Prof. Herman Susanto, dr., SpOG(K) pada hari Selasa, 26 Juni 2018. Acara pelepasan dilaksanakan di Auditorium Lantai II Gd. Rumah Sakit Pendidikan Universitas Padjadjaran Jalan Eijkman No. 38 Bandung pada pukul 09.00 WIB.

 

Acara Paturay Tineung atau Pelepasan untuk terus mengenang jasa yang telah ditorehkan kedua Guru Besar tersebut dibuka oleh Ketua Panitia yakni Ali Budi Harsono, dr., SpOG(K). Dihadiri Oleh Rektor Universitas Padajadjaran  Prof. Dr. med. Tri Hanggono Achmad, dr,  Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr. Irvan Afriandi, dr., Grad. Dipl.OEH.MPH., mewakili Dekan Fakultas Kedokteran yang sedang menghadiri acara Halal Bihalal Fakultas Kedokteran yang  bersamaan dengan acara Paturay Tineung tersebut. Turut pula hadir Direktur  Utama Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung R. Nina S. Dewi, dr., SpPK(K)., M.Kes., MMRS. dan Direktur Utama Rumah Sakit Mata Cicendo M.Kautsar Boesoirie, dr.,SpM.MM.[AS2] 

 

Kata sambutan yang diberikan oleh Rektor Universitas Padjadjaran sekaligus sebagai sejawat Fakultas Kedokteran adalah ketika mengenang kedua Guru Besar tersebut sebagai guru yang telah membimbing mereka dan jasa-jasa yang telah beliau torehkan dalam sejarah Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dalam masa pengabdian yang cukup lama yaitu dari setelah lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran hingga masa purnabhakti di usia 70 tahun.

 

Prof. Dr. Firman F. Wirakusumah, dr., SpOG(K) lahir di Ciamis pada tanggal 15 Juni 1948, menikah dengan Ibu Mieke Hemiawati Satari dan dikaruniai 4 orang putra dan putri yakni Andri Irawan, Indri Astrina, Mia Yasmina dan Ankie Adinda. Beliau lulus S1 Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 1974, melanjutkan ke jenjang Spesialis Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, lulus tahun 1984, mengambil program akta mengajar lima dan lulus memperoleh sertifikat mengajar dari Dirjen Dikti tahun 1986 dan menjadi dokter konsultan Fetomaternal dari Kolegium Obstetri dan Ginekologi, Jakarta tanggal 2 Juli tahun 2000. Prof. Firman memperoleh Sertifikat Pendidik dari Dirjen Dikti tahun 2008. Selama kariernya dalam bidang pendidikan dan bidang kedokteran beliau mengikuti beberapa short course di Luar Negeri antara lain  Course in Foetal and Perinatal Medicine, Singapore tahun 1984, course in Modern Management of Labor, Singapore tahun 1985, course in Diagnostic Untrasound, Sydney Australia tahun 1988, training of usage of cardiotocography, Berlin (West) tahun 1988 dan Lulus Program Doktor (S3) dari Rijksuniversiteit Leiden, Nederland tahun 1992.[ANIKOES3] 

 

CERITAKAN BELIAU PERNAH MENJABAT DEKAN, WADEK FK UNPAD, KEPALA PUSDI DAN KOMITE ETIK FK UNPAD

 

Prof. Herman Susanto, dr.,SpOG(K) lahir di Madiun tanggal 21 April 1948, menikah dengan Ibu Lydia Hanafi dan dikaruniai 3 orang putri yakni Anggita Tantri, Jati Pramudita dan Kania Praharsini. Beliau lulus S1 dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran tahun 1988, mengambil jenajng Spesialis 1 bidang Obstetri dan Ginekologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, lulus tahun 1998 dan beliau mengambil spesialis II dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta lulus tahun 2007. Beliau juga mengikuti Program Diploma in Minimal Acces Surgery di Global University-Laparoscopic Hospital, New Delhi India tahun 2008.

 

443.jpgKarier Prof. Herman di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran antara lain sebagai Kepala Pusat Studi Onkologi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dari tahun 2014 – 2018. Sebagai Konsultan Independent Komisi Etik Penelitian Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran dari tahun 2014-2015. Beliau menjabat sebagai anggota senat dan komisi senat Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Periode 2016-2021 dan sebagai Ketua Program Studi Konsultan  Onkologi Ginekologi dari tahun 2010 – sekarang.

 

 

 

Pada kesempatan ini Prof. Firman[ANIKOES4]  memberikan kuliah umum, beliau membahas dilema yang dihadapi oleh para dokter dan dokter spesialis obstetri dan ginekologi pada khususnya. Pada era globalisasi, pendidikan dokter, dokter spesialis dan spesialis konsultan dihadapkan pada persaingan bebas (MEA) oleh sebab itu pendidikan dokter harus menghasilkan dokter yang profesional, beretika, bermoral dan mentaati hukum. Etika profesi dokter dan spesialis obstetri dan ginekologi khususnya di bidang Ilmu Kedokteran Fetomaternal adalah menghadapi dilema etik terminasi kehamilan dibidang prenatal diagnostik.

449.jpgIlmu kedokteran fetomaternal untuk maju dalam Ilmu dan Teknologi harus memperhatikan sudut pandang antara lain medis, ekono-sosio-kultural, hukum positif dan agama. Terminasi cacat bawaan berat walaupun diperbolehkan oleh Undang-Undang tetap harus mengutamakan keputusan pasien dan suami sebagai hak suami dan pasien (otonomi).

 

Prof. Herman dalam kuliah umumnya menekankan pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi dalam penulisan ilmiah, dan perlunya para mahasiswa,  peneliti dan ilmuwan menguasai bahasa Inggris. Bahasa Inggris perlu dikuasai karena berbagai alasan, antara lain kita tidak dapat lepas dari globalisasi . Komunikasi internasional dalam bahasa Inggris , temuan-temuan terkini (ilmu  dan teknologi) disampaikan dalam bahasa Inggris.  Agar dikenal luas hasil capaian kita perlu dilaporkan dalam bahasa Inggris, sumber pengetahuan  dan  kemajuan banyak di negara-negara berbahasa Inggris  dan tampak bahwa dunia ‘dikuasai’ oleh bangsa berbahasa ibu bahasa Inggris.


 [ANIKOES1]Fotonya ada yang lebih bagus?

 [AS2]Coba cek lagi betulkah Direkturnya Dr. M. Kautsar???

 [ANIKOES3]Bahasa Inggris, Fontnya di Italic kan

 [ANIKOES4]Fotonya yang lebih bagus lagi ...

Kembali
© 2018 MIR FKUNPAD All Rights Reserved.